PMI Jambi Gelar Bimtek SDM dan UTD Bersama Anggota dan Relawan

PMI provinsi Jambi Gelar Bimtek Bimbingan Teknis SDM dan UTD bersama Relawan. Selasa (22/11). Foto : sidakpost.id/Ratna. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Dalam rangka meningkatkan Kualitas anggota dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sumber Daya Manusia (SDM) Unit Transfusi Darah (UTD) Tahun 2022. Berlangsung di Golden Harvest hotel Jambi, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai dari 22 sampai 23 November 2022, di ikuti seluruh relawan dan anggota PMI Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi.

Ketua PMI Provinsi Jambi yang di wakili ketua Harian ir. H. Syahrasaddin, dalam sambutannya sekaligus membuka acara mengatakan, tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan darah capai 70 sampai 90 kantor perhari.

Seperti yang di ketahui, Unit Transfusi Darah (UTD) yang dimiliki oleh PMI Kota Jambi selain untuk menyiapkan dan menyediakan stok darah untuk rumah sakit di Provinsi Jambi.

Namun mereka juga memenuhi pasokan darah untuk Provinsi Sumatera Selatan yang menjadi Provinsi perbatasan dengan Jambi.

Selain PMI Kota, Rumah Sakit Umum (RSUD) Raden Mattaher Jambi dan beberapa rumah sakit Kabupaten/Kota juga memiliki UTD.

PMI Provinsi Jambi, dalam meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan PMI di Kabupaten/Kota khususnya di bidang pelayanan darah.

PMI Provinsi Jambi berharap peserta dapat merealisasikan ilmunya dalam membentuk UTD Kabupaten/Kota dengan bekerjasama dengan berbagai mitra.

“Kita berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini, bisa kembali Ke Kabupaten/Kota dan membentuk UTD atau bisa mendirikan bank darah maupun bank data golongan darah,” ucapnya.

Syahrasaddin menjelaskan bank data golongan darah ini berguna ketika dibutuhkan PMI dapat hadir memberikan rekomendasi nomor telepon relawan pendorong sesuai dengan golongan darah yang di butuhkan.

“Kita berharap agar PMI se-Provinsi Jambi dapat aktif dan terus tebar kebaikan bagi masyarakat,” pungkasnya. (rsa)