Pemkab Bungo Kirim 22 Siswa Magang di Instiper Yogyakarta

Dibaca: 314 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Pemerintah Kabupaten Bungo mengirim 22 siswa ke Institut Pertanian (Instiper) Yogyakarta. 22 siswa akan magang di Instiper Yogyakarta.

Dimana pembiayaan merupakan kerjasama antara pemerintah dengan beberapa perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Bungo. 22 siswa dilepas secara resmi oleh Bupati Bungo, H Mashuri di rumah dinas bupati, Kamis (22/11).

Turut hadir dalam pelepasan, Wakil Bupati Bungo H Safruddin Dwi Aprianto, Sekda H Ridwan Is, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Ana Lukita, serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Ana Lukita, mengatakan, 22 anak yang akan menempuh ilmu di Instiper sebelumnya telah melalui seleksi. Seleksi diikuti 33 siswa dari Kabupaten Bungo.

“Mereka akan mendapatkan beasiswa selama 4 bulan di instiper, dan 2 bulan di perusahaan tempat mereka magang. Setelah itu mereka akan bekerja di tempat mereka magang,” ujar Ana l
Lukita.

Sebelumnya pemerintah Kabupaten Bungo sudah mendatangi MoU dengan perusahaan.

“Dan ini sudah ada MoU antara Bupati dengan perusahaan. Ada sekitar 11 perusahaan di Kabupaten Bungo yang sudah berkerjasama yang bergerak di bidang perkebunan, dan pendidikan ini setara dengan diploma satu (1), bentuk program beasiswa Ahli Pratama Pemkab Bungo melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tahun 2018,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati H Mashuri menyampaikan siswa-siswi yang menempuh ilmu di Instiper Yogyakarta, setelah selesai magang akan mendapat prioritas bekerja di perusahaan kelapa sawit.

“Sering kali anak-anak di Kabupaten Bungo ini melamar di perusahaan kelapa sawit tidak diterima, karena memang tidak punya keahlian di bidang itu. Dengan adanya kerjasama ini, kedepan kita berharap anak-anak kita bekerja di perkebunan sesuai dengan keahliannya,”ujar Bupati H Mashuri.

Bukan hanya kerjasama beasiswa, Bupati H Mashuri juga berharap kedepan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada, melalui CSR nya untuk memanfaatkan anak-anak untuk magang. (jul)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT