Tradisi Unjungan Buyut Nyi Mas Ratu Ayu Kawunganten, di Kedokan Bunder Indramayu

Dibaca: 307 kali

SIDAKPOST.ID, INDRAMAYU – Buyut Nyi Mas Ratu Ayu Kawunganten sebagai tanda penghormatan dan mengenang akan keteladanan kebijaksanaannya, beliau dipanggil Sang kholik pada tahun 1561 dan kepemimpinan pedukuhan juga Syiar islam diteruskan oleh anak cucu dari keturunanya yang dulu seperti Ider Bumi atau keliling wilayah, Sedekah Bumi atau Syukuran tetap dilaksanakan tiap tahun hingga sekarang ini.

Setelah Pedukuhan-Pedukuhan lain ada penghuninya, maka pimpinan Pedukuhan Kedokan Bunder dalam rangka untuk ikut Ider Bum dan sedekah bumi, serta gelar doa bersama untuk mendoakan Nyi Mas Ratu Ayu Kawunganten, Jumat (22/10/2021).

Dengan acara unjungan-unjungan yang sumber air disebut Sumur Gede juga setiap acara unjungan ramai di kunjungi oleh orang, untuk mengambil air dari sumur tersebut sebagai tumbal tanaman di sawah dan ladang serta sebagai penyembuhan penyakit, Allahu alam.

“ Kata Kuncen Buyut Nyi Mas Ratu Ayu Kawunganten Nurkim untuk acara pengambilan air dari sumur gede, maka masyarakat yang berkunjung hanya pada waktu tertentu saja yaitu waktu malam Jumat tadi sampai malam Sabtu nanti,” sebut Panoto Coro.

Rangkaian kegiatan unjungan lainnya yaitu yang wajib dipentaskan, adalah pertunjukan wayang golek serta tarian topeng. (her)

ADVERTISEMENT