Jajaran Koramil 416-05/Muara Tebo Ikuti Penyuluhan Penyakit Jantung

Dibaca: 170 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Jajaran Koramil 416-05/Muara Tebo, mengikuti kegiatan penyuluhan tentang penyakit jantung Koroner dan Stroke bertempat di aula Makoramil, Jumat (22/10/2021).

Danramil 416-05/Muara Tebo, Kapten Inf T Marpaung mengatakan, semua anggota Koramil hari ini mengikuti penyuluhan tentang penyakit jantung koroner serta stroke yang dipaparkan oleh dr Leni Marlina, Kapus Muara Tebo.

“Puskesmas bersama stakeholder terkait terus malakukan upaya pencegahan kasus baru dan pengendalian penyakit dengan tujuan mendorong masyarakat untuk mengubah perilaku jadi lebih sehat melalui GERMAS serta berupaya mengontrol tingkat keparahan penyakit jantung,”ucap Danramil.

Sementara dr Leni Marlina mengatakan, penyakit kardiovaskuler seperti jantung, kanker, stroke, gagal ginjal tiap tahun terus meningkat dan menempati peringkat tertinggi penyebab kematian di Indonesia terutama pada usia-usia produktif.

“Tingginya prevalensi Penyakit Jantung Koroner itu disebabkan oleh perubahan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan pola makan yang tidak seimbang.

Ditambahkan, gaya hidup, merokok, dan pola makan merupakan kontributor utama terjadinya penyakit jantung koroner (PJK), berpotensi mengalami henti jantung mendadak atau sudden cardiac death.

“Di masa pandemi sekarang ini, orang dengan komorbid terutama penyakit kardiovaskular memiliki risiko yang sangat tinggi apabila terpapar COVID-19 karena dikhawatirkan dapat menyebabkan perburukan bahkan kematian,”tutupnya. (zek)

ADVERTISEMENT