Tingkatkan Gemar Makan Ikan, Bupati H Mashuri Kukuhkan FORIKAN Bungo

Dibaca: 114 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dalam meningkatkan konsumsi ikan ditengah masyarakat kabupaten bungo, Bupati bungo H Mashuri secara resmi melantik kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Kabupaten Bungo, dilaksanakan di gedung Dharmawanita, Kamis (22/8/2019).

Tampak hadir, Ketua FORIKAN Bungo Hj Verawaty Mashuri, Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Ketua Forikan Provinsi Jambi, Kepala BPOM Provinsi Jambi, Kepala Disnakkan Bungo, para Kepala OPD, Ketua GOW, Ketua DWP Kabupaten Bungo serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Bupati bungo H Mashuri mengatakan GEMARIKAN (Gerakan Makan Ikan) secara resmi sudah menjadi Agenda Nasional sejak tahun 2004.

Dengan tujuan untuk memasyarakatkan dalam mengkonsumsi ikan sejak dini. Makanan ini dipercaya mampu memberikan kita hidup yang lebih sehat dan cerdas.

“Salah satu upaya melalui Gemarikan, pelaksanaan program pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) untuk meraih tujuan utama yaitu meningkatkan konsumsi ikan nasional untuk menciptakan generasi yang sehat dan cerdas,” kata Bupati Mashuri.

Bupati H Mashuri juga menambahkan, dari hasil Survey menunjukkan bahwa tingkat Konsumsi ikan, di Kabupaten Bungo, masih di bawah rata-rata nasional yaitu baru 27 per kilogram per tahun.

“Untuk itu, diharapkan kita lebih membiasakan makan ikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak-anak kita sehingga menjadi anak yang sehat. Untuk lebih membiasakan makan ikan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi anak-anak kita sehingga menjadi anak yang sehat, cerdas dan kuat,” ungkap Bupati H Mashuri.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua FORIKAN Kabupaten Bungo, Hj Verawati Mashuri bahwa, peran sektor kelautan dan perikanan perlu terus di optimalkan, menjadi pemecah masalah-masalah yang terjadi.

“Salah satunya, pertumbuhan ekonomi kreatif berbasis kuliner berbahan baku ikan akan mendorong tumbuh kembang industri, serta berdampak pada pendapatan daya beli masyarakat, termasuk juga peningkatan konsumsi ikan secara nasional,” katanya.

Sementara, Kepala dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo, Ir Syaiful Azhar mengatakan dengan pengukuhan ini, Mudah-mudahan dengan Forikan ini akan semakin mempercepat upaya kita dalam meningkatkan konsumsi gemar makan ikan di kabupaten Bungo.

” Dengan adanya forikan ini, diharapkan kedepan bisa menumbuh kembangkan minta dari masyarakat mengkonsumsi ikan secara terus menerus,” tutup Syaiful Azhar. (adv/jul)

ADVERTISEMENT