Cegah Karhutla, Serda Wianto Koramil 416-07 Warning Penyakit Ispa

Dibaca: 71 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Cegah Kebakaran hutan dan lahan, Babinsa Serda Wionto Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute dan Bhabinkamtibmas Aipda Sonaji Polsek Rimbo Ilir menggelar sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Tak hanya itu, sekaligus dampak bahaya asap menjadi polusi udara, bertempat di Kantor Desa Pulung Rejo Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, dihadiri oleh Kades Pulung Rejo, Perangkat desa, Ketua RT, Tokoh masyarakat dan warga setempat, Kamis (22/8/2019).

Bhabinsa Serda Wianto dalam paparannya menyampaikan tentang dampak bahaya yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) , kebakaran selain merugikan harta benda dampak asap bisa mengakibatkan penyakit Ispa atau sesak pernafasan.

“Dampak kebakaran hutan dan lahan membawa malapetaka lingkungan , pelaku pembakaran diganjar dengan kurungan penjara maupun denda sejumlah uang, ” papar Babinsa Serda Wiono.

Dikatakannya, Pelaku pembakaran hutan dan lahan diancam kurungan penjara paling lama 10 tahun dan membayar denda uang paling banyak sebesar Rp 10 Milyar, sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2009, Pasal 108 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH).

“Kepada masyarakat jangan membuka lahan untuk perkebunan dengan cara dibakar, jangan msembakar sampah disembarsng tempat, jangan membuang puntung rokok disampah kering karena dapat menimbulkan kebakaran meluas. ” himbau Babinsa Serda Wianto.

Kades Pulung Rejo Warsino mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas maupun lintas sektoral lainnya, yang selama ini telah bermitra dan bersinergi dengan Pemdes Pulung Rejo dalam keikut sertaannya mensukseskan program pemerintah.

“Terima kasih kepada Bapak Babinsa dan Bapak Bhabinkamtibmas yang sudah menyampaikan sosialisasi tentang Karhutla, pada prinsifnya masyarakat setuju dan bersama – sama ikut mencegah Karhutla, “pungkas Kades. (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT