Razia PETI di Bungo, Satu Excavator Dibakar dan 4 Pekerja Diamankan

Dibaca: 720 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Tim terpadu terdiri dari Bupati Bungo, TNI – Polri, Basarnas dan Satpol PP, dan BPBD melakukan penertiban akitvitas PETI menggunakan alat berat di Dusun Batu Kerbau, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Jambi, pada Minggu (21/06/2020).

Komandan Kodim 0416/Bungo Tebo, Letkol Inf Widi Rahman mengatakan, awalnya informasi itu dapat dari warga setempat. Bahwa ada lima alat berat excavator beroperasi di Batu Kerbau. Tidak menunggu lama tim terpadu langsung bergerak menuju lokasi.

“Kalau laporan dari masyarakat ada 5 excavator yang bekerja. Tapi setelah kita turun ke lapangan bersama tim terpadu, cuma ada satu alat berat ditemuka di pinggir sungai lokasi aktivitas PETI,” kata Dandim.

Dikatakan Dandim, selain tim terpadu masyarakat juga ikut turun langsung kelokasi PETI. Warga juga banyak yang ikut ke lokasi sebagai penunjuk jalan. Setiba dilokasi warga langsung membakar alat berat beserta komputer dan satu operator dan tiga pekerja.

“Selain satu alat berat yang dibakar, satu operator dan tiga pekerja juga diamankan. Tak hanya itu, satu komputer alat berat merek Komatsu warna kuning, yang ditemukan sekitar 100 meter dari lokasi penambangan juga diamankan,” katanya.

Lanjut Dandim, alat berat yang dibakar tersebut diperkirakan sudah beberapa hari bekerja. Selain itu, ada juga ditemukan beberapa lokasi aktivitas namun alat berat tidak ada lagi.

“Untuk komputer alat berat yang ditemukan itu, nanti akan diserah kepada Kodim 0420/Sarko karena alat berat itu, ditemukan sudah masuk dalam wilayah Kabupaten Merangin,” ujarnya. (zek)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT