Babinsa Koramil 01/Rantau Pandan, Bantu Petani Atasi Hama Keong

Dibaca: 54 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Babinsa Dusun Rantau Pandan, Koramil 416-01/Rantau Pandan, Kodim 0416/Bungo Tebo, Sertu Irwantoni mendampingi poktan Seberang Palek, dalam rangka pemantauan dan pembasmian hama keong pada tanaman padi di lahan milik bapak Bujang Baman, Sabtu (22/6/2019).

Para petani memerlukan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini, seperti yang dijelaskan Sertu Irwantoni kepada petani, bahwa hama keong dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah tanpa mengeluarkan biaya banyak.

“Namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya,” kata Sertu Irwantoni.

Menurutnya, terdapat beberapa tahap/cara untuk mengatasi hama keong mas ini secara sederhana dan mudah. Yaitu mengambil keong yang menempel pada tanaman pada saat dia masih bergerak aktif. “Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan secara rutin,” ujar Babinsa Sertu Irwantoni.

“Cara lain untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini adalah dengan membiarkan predator memangsanya, atau memelihara predatornya agar populasi hama keong ini berkurang atau hilang dari lingkungan sawah,” pungkas Sertu Irwantoni. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT