Wabup Apresiasi Program Kementerian Kominfo RI Kepada SAD

Dibaca: 143 kali
Wabup Sarolangun Beri Sambutan/Foto : sidakpost.id (zek)

SIDAKPOST.ID, SAROLANGUN – Belasan pelajar dari Suku Anak Dalam (SAD), Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi dilatih untuk memahami teknologi informasi dan komunikasi atau internet. Mereka dilatih langsung dikediamannya oleh Kementrian Kominfo RI, Selasa (22/3/2022).

Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI Haryati menjelaskan, pihaknya dalam beberapa tahun terus membangun infrastruktur dalam mengakses internet diseluruh Indonesia. Salah satunya penyaluran internet kepada masyarakat yang tertinggal di bagian pedalaman.

Menurut dia, program pengenalan digitalisasi terhadap warga rimba ini yakni mengenal SAD agar terinspirasi mengenal cara menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet tersebut.

“Ini ada yang kita lakukan secara tatap muka. Kami juga memfasilitasi komputer ataupun laptop yang digunakan untuk sarana pelatihan,” katanya kepada wartawan.

Terpisah, Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri mengatakan, pihak pemerintah sangat mengapresiasi kedatangan Kominfo RI melatih warganya SAD. Kendati demikian, dirinya berharap agar program tersebut dapat berkelanjutan sehingga mempermudah anak-anak SAD mengakses internet.

Dirinya melanjutkan, saat ini wilayah pedalaman di Kabupaten Sarolangun masih terdapat 14 Desa yang belum terjamah sinyal dan jaringan. Meski begitu, pemerintah berharap melalui kunjungan Kementerian Kominfo itu dapat membantu masyarakat mewujudkan hal tersebut.

“Akses digitalisasi dalam artian tower kita hari ini masih kurangan, karena dibeberapa tempat tidak memiliki sinyal. Ini menyulitkan proses belajar secara daring di sekolah-sekolah desa, karena kondisi saat ini masih dilanda virus Covid-19,” terang Hilal. (adv/zek)

ADVERTISEMENT