Peduli Lingkungan Sehat, Babinsa Poniman Ajak Warga Jaga Kebersihan

Babinsa Koptu Poniman sedang mengedukasi warga binaan di Desa Rantau Kembang, untuk membersihkan lingkungan pemukiman demi kehidupan yang sehat. Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID,TEBO – Cuaca tidak menentu yang biasa disebut musim Pancaroba yaitu kadang hujan kadang panas saat ini di Kabupaten Tebo, sehingga kondisi iklim seperti ini.

Biasanya dominan menimbulkan wabah penyakit seperti demam, batuk filek dan lainnya dan sangat riskan penyakit ini banyak menjangkiti anak- anak, juga orang dewasa maupun orangtua bisa juga terserang penyakit musim pancaroba ini.

Untuk mengantisipasi kondisi ini masyarakat harus mengambil tindakkan positif yaitu untuk peduli membersihkan lingkungan rumahnya, juga pentingnya untuk menjaga kesehatan diantaranya seperti mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh Babinsa Koptu Poniman Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute saat komsos dengan warga binaan, bertempat di Jalan Mahkotadewa RT 09 Desa Rantau Kembang Kecamatan Rimbo Ilir, pada Rabu (22/02/2023).

Babinsa Koptu Poniman menyebutkan
bahwa pentingnya masyarakat untuk membersihkan lingkungan rumah seperti membersihkan parit atau selogan dan comberan, mengumpulkan sampah yang berserakan serta membersihkan tempat yang kumuh dan lembab.

“Bersihkan tempat yang kumuh dan lembab, untuk menghindari tempat atau sarang nyamuk, guna menghindari gigitan nyamuk yang bisa menimbulkan demam berdarah (DBD),” kata Koptu Poniman.

Kadus Mekar Jaya Abdul Hadi sangat senang dan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa, yang sudah mengingatkan masyarakat untuk membersihkan lingkungan tempat tinggalnya, terlebih saat ini musim pancaroba yaitu antara hujan dan panas.

“Terima kasih kepada bapak Babinsa yang selalu mengingatkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, lingkungan yang bersih masyarakatnya akan sehat pula,” tutup Abdul Hadi. (asa)