Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Toni Ajak Warga Olah Lahan Kosong

Dibaca: 92 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serda Toni Daryono Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute mengajak kepada warga diwilayah binaan untuk memanfaatkan lahan ltidur atau lahan kosong.

Dengan menanami tanaman produktif untuk ketahanan pangan, seperti jenis tanaman palawija diantaranya ubi, jagung, kedelai, kacang hijau dan lainnya.

“Memanfaatkan lahan kosong yang mubazir dengan menanami tanaman produktif selain untuk mewujudkan ketahanan pangan dimasyarakat, juga dapat menopang dan menambah penghasilan ekonomi keluarga,”kata Serda Toni.

Hal itu dikatakan saat Babinsa Serda Toni Daryono menyambangi kebun ubi milik Suroto, warga Jalan Durian Desa Karang Dadi Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.

Serda Toni Daryono menuturkan, tujuan menyambang untuk memberi motivasi dan dorongan semangat, kepada para petani,untuk mewujudkan ketahanan pangan dengan menanam tanaman palawija atau tanaman non padi.

“Jangan terlantarkan sejengkal tanahpun menjadi mubazir, mari kita olah dan manfaatkan lahan kosong dengan tanaman produktif, termasuk manfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman apotik hidup atau sayur mayur, ” tutur Serda Toni.

Dikatannya, menanam ubi kayu dengan memilih jenis ubi tahunan, karena umurnya bisa panjang mencapai setahun dua bulan sehingga ubinya bisa besar.

“Alhamdulillah, ubi kayu yang subur satu pohon bisa menghasilkan 15 – 20 kg, dengan harga jual Rp 2500 per kilonya dan hasilnya lumayan untuk menambah keperluan keluarga,” ujar petani Suroto. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT