Tim Gabungan Kembali Tertibkan PETI di Cilodang

Razia Peti di Cilodang.

MUARA BUNGO – Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan Pemda Bungo kembali melakukan razia diwayah Kuamang Kuning. Tepatnya di Dusun Cilodang Kecamatan Pelepat, Selasa (14/2).

Kendati sudah sering dilakukan razia, namun pelaku PETI tak pernah kapok. Saat tiba di lokasi, tak satupun aktifitas PETI beroperasi. Namun setidaknya petugas nenemukan 3 unit mesin PETI yang ditinggal oleh penambang, langsung dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kepala bagian Sumber Daya Alam Setda Bungo Suryawani mengatakan, banyak juga PETI yang ditemukan dalam keadaan terkubur didalam tanah, serta disembunyikan di dalam semak. Hal ini disengaja oleh pemilik PETI untuk mengelabui petugas.

“Kita duga sudah bocor. Karna ada beberapa mesin PETI yang kita temukan disembunyikan dalam tanah, ada juga yang didalam semak. Tapi setidaknya 3 unit PETI berhasil dimusnahkan dengan cara dibakar ,” ucap Suryawani usai razia.

Semetara itu Danramil 416-06/Muara Bungo, Kapten Inf T Marpaung mengatakan, kedatangan petugas sudah tercium oleh pelaku PETI. Siang hingga saat petugas tiba di lapangan hanya menemukan 3 unit mesin PETI.

“Memang razia kali ini dipusatkan di Cilodang, karena kuat dugaan masih ada aktifitas PETI di tanah TKD dan tanah Restan (R),” kata Danramil. (zek)