Keberhasilan BUMDes Lubuk Benteng, Jadi Percontohan Desa Maju

Dibaca: 621 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Lubuk Benteng, Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo, terus bergerak dalam bidang usaha menambah Pendapatan Asil Desa.

Seperti contoh, pihak Desa Lubuk Benteng terus bergerak dalam bidang usaha penyebrangan dari Desa Lubuk Benteng menuju Desa Suka Makmur, Kecamatan Serai Serumpun. Hingga kini total dari hasil usaha tersebut sudah memperoleh hasil Rp 20 juta.

“Usaha penyebrangan ini, sudah kita mulai dari bulan Juli hingga Oktober 2018 ini, memperoleh hasil sebanyak Rp 20 juta kotor. Usaha ini akan terus kita pertahankan, karena untuk kebutuhan akses bagi masyarakat,” ujar Samuri, ketua BUMDes Lubuk Benteng.

Sebut Samuri, BUMDes ini, sudah berdiri sejak tajun 2017 lalu. Tahun ini baru mulai bergerak, untuk tarif mobil kecil Rp 30 ribu dan mobil besar Rp 40 ribu. Bahkan usaha ponton penyebrangan ini bisa menghasilkan dana yang menjanjikan.

“Kendala kalau cuaca buruk, seperti debit air naik, pendapatan per hari berkisar Rp 400 ribu. Namun bila cuaca bagus ponton penyebrangan kita bisa mengahisilkan Rp 800 ribu per hari. Itu hitungan kotor belum di potong dari pekerja yang ada,” ujar
Samuri.

Sementara Kades Lubuk Benteng, M Yusup, saat dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini usaha dari BUMDes berjalan dengan baik. Karena sarana penyebrangan ini sangat dibutuhkan oleh warga.

“Ya semoga dengan usaha ponton penyebrangan BUMDes ini, desa kami bisa lebih maju karena ada usaha yang terus berjalan dengan baik dan dikelola secara profesional,” tukasnya. (nwr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT