Percepatan Herd Immunity, Pemkab Bungo Gelar Vaksinasi Massal Pelajar Usia 12-17 Tahun

Dibaca: 166 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Pemerintah Kabupaten Bungo terus melakukan tahapan pelaksanaan vaskinasi. Tak hanya masyarakat umum, vaksinasi ini juga menyasar bagi pelajar usia 12 -17 tahun.

Seperti hari ini, kegiatan vaksinasi massal yang di gelar di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo, Selasa (21/9/2021. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Kodim 0416/Bute, Polres Bungo, Dinas kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bungo dan Tim satgas Covid-19.

Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arianto Maskare Subagio mengatakan pelaksanaan Vaksinasi ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 termasuk di kalangan pelajar.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan vaksinasi massal khususnya kepada peserta didik, tingkat SMP dan SMA. Kali ini kita melaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bungo,” ujar Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Arianto Maskare Subagio, usai pantau pelaksanaan vaksin massal.

Disampaikan Dandim, pada kegiatan ini sekaligus mengikuti zoom meeting bersama dengan kehadiran bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) di Jambi.

” Tadi disampaikan oleh bapak menteri, dengan gencar melaksanakan vaksinasi terhadap peserta didik yang bersekolah ini, harapannya bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka secara aman dan terjamin kesehatannya, “tambahnya.

Sebut Dandim, program vaksinasi pelajar akan terus digelar secara maraton oleh Kodim 0416/Bute bersama dengan Pemkab Bungo. Langkah tersebut, dinilai akan meningkatkan imunitas para pelajar agar terhindar dari paparan virus Covid-19.

“Harapannya ini bisa segera kita tuntaskan dengan mengerahkan seluruh siswa untuk di vaksinasi. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan begitu, kita membangun herd immunity,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo, Marsil mengatakan hingga saat ini sesuai data yang telah dihimpun, mulai jenjang SMP, SMA, dan SMK, jumlah keseluruhan siswa telah di vaksin mencapai 55,66 persen, dan yang belum di vaksin sekitar 44, 34 persen.

” Ini lah yang kita kejar, hari ini khusus untuk sekolah-sekolah yang berada di wilayah kota muara bungo, bagi siswa dan siswi yang belum di vaksin, kita adakan vaksin massal di Dinas pendidikan di samping pelaksanaan vaksinasi di sekolah masing-masing,” papar Masril.

Masril juga menjelaskan, dari jumlah keseluruhan mulai dari tingkatan SMP, SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Bungo, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 21.979 siswa.

“Sudah divaksin keseluruhan sebanyak 12.233 siswa, dengan presentase 55,66 persen, Sedangkan yang belum di vaksin, sebanyak 9.746 siswa dengan presentase (44,34 persen,”imbuhnya.

Untuk diketahui, jumlah keseluruhan siswa SMP berjumlah 10.562 siswa. Yang sudah di vaksin mencapai 4.672 siswa, dengan presentase (44,23 persen). Kemudian yang belum 5.890 siswa, (55,77 persen).

Sedangkan jenjang SMA, dari jumlah siswa keseluruhan sebanyak 6.770. Yang sudah di vaksin mencapai 4.895 (72,30 persen), dan yang belum 1.875 (27,70 persen).

Selanjutnya, SMK dari jumlah siswa keseluruhan sebanyak 4.647, Sudah di vaksin 2.666 siswa (57,37 persen). Yang belum di vaksin mencapai 1.981 siswa dengan presentase (42,63 persen). (jul)

ADVERTISEMENT