Hari Pramuka ke 58, Kwarcab Pramuka Bungo Gelar Upacara

Dibaca: 201 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Peringati hari pramuka ke-58 Tahun 2019, tingkat Kwartir Daerah gerakan Pramuka Jambi, Kwartir cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bungo, memggelar upacara renungan ulang janji Pramuka, di bumi Perkemahan Pusdiklatcab Cadika, Muara Bungo, Selasa (20/8) malam.

Bupati Bungo H Mashuri, selaku ketua Majelis pembimbing cabang gerakan Pramukan Bungo, bertindak sebagai Inspektur upacara, dan dihadiri para pengurus Pramuka Kwarcab Bungo.

Serta para anggota pramuka, Ketua TP PKK kabupaten bungo, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi, ketua Kwartir cabang gerakan pramuka Bungo, para Kepala OPD, para Camat, serta tamu undangan lainnya.

Terlihat seketika susana mulai gelap karena lampu mulai dipadamkan, dan suasana semakin terasa hening, saat Bupati yang bertindak sebagai pembina upacara serta membacakan ulang janji Pramuka dan diikuti semua peserta.

Bupati mengatakan, upacara renungan dan ulang janji ini merupakan salah satu rangkaian peringatan hari Pramuka, untuk merenung kembali terhadap pembinaan generasi muda melalui gerakan pramuka.

Usaha-usaha yang telah lalu perlu di evaluasi dan diteliti, selanjutnya disempurnakan dan di kembangkan, agar usaha itu akan lebih terarah dalam rangka mencapai tujuan pramuka.

“Pramuka mempersiapkan kader-kader pembangunan yang bermoral pancasila. Kita smgat menyadari bahwa, masa depan bangsa ini, sangat ditentukan oleh hasil pembinaan sumber daya generasi muda saat ini,” ucap¬†Bupati.

Selain itu, Bupati juga mengapresiasi dan penghargaan kepada Pemprov Jambi yang telah memberi kepercayaan kepada Kabupaten Bungo menjadi tuan rumah hari Pramuka ke-58 Tahun 2019, tingkat Kwartir Daerah gerakan Pramuka Jambi.

“Saya sampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada mejelis pembimbing, pembina pramuka, pelatih, staf kwartir, dan seluruh lapisan masyarakat yang berperan aktif dalam mendukung gerakan pramuka, sesuai tema Hari pramuka ke-58, Siap sedia membangun Negara Kesetuan Republik Indonesia,” ungkap Bupati H Mashuri.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi, Sudirman mengatakan pihaknya, saat apel besar akan menghadirkan dua orang anak pramuka yang telah mengikuti Jambore tingkat dunia di Virginia, Amerika Serikat.

Semoga mereka dapat memberi contoh serta memotivasi kepada adek-adek pramuka yang lainnya, karena sesungguhnya pramuka itu lebih mengedepankan contoh.

“Saya berharap Tiga karakter utama dari gerakan pramuka yakni, memiliki kompetensi managerial, kompetensi moral, dan intelektual, kedepan bisa menjadi calon pemimpin bangsa masa depan,” imbuhnya. (adv/jul)

ADVERTISEMENT