Gubernur Jambi, Pimpim Apel Besar Gerakan Pramuka ke 58

Dibaca: 171 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Gubernur Jambi Fahrori Umar, selaku Kamabida memimpin apel besar peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019, di Gor Serunai Baru Muara Bungo, Rabu (21/08).

Turut hadir ketua ketua Kwartir Daerah Provinsi Jambi, Sekda Provinsi, Kabulog Jambi, Bupati Tebo, Bupati Kerinci, Dandim 0416/Bute, Kapolres Bungo, anggota DPRD Bungo, Unsur Forkopimda Jambi dan Bungo serta tamu undangan lainnya.

Bupati Bungo, H Mashuri selaku Kamabicab saat sambutannya mengatakan, di hari pramuka ke 58 ini, mari jadikan renungan bagi kita semua karena generasi muda yang tangguh dan kuat haruslah memiliki dedikasi yang tinggi dalam masyarakat.

“Ada beberapa kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agusturs sebagai bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti seperti, pencetusan Komitmen Gerakan
mengurangi sampah plastik, aksi bersih sampah plastik, aksi bersih sungai, penghijauan,” kata H Mashuri.

Peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun ini, mengangkat tema ‘Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI’.

Lanjut Mashuri, pramuka bersal dari kata Praja Muda Karana yang mempunya arti, sekumpulan anak – anak muda, yang suka bekarya.”Jadi sebagai anak muda kalian haruslah bisa bekarya dengan cara mengisi hal-hal positif dalam kehidupan,” ucap Kamabicab H Mashuri.

Sementara itu, Kwarda Jambi, H Sudirman Jambi juga mengatakan sebelumnya, Ia mengucapkan terima kasi kepada Gubernur Jambi telah berada di tengah-tengah keluarga besar Pramuka.

“Di hari pramuka ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni bedah rumah salah satunya di Dusun Mangun Jayo, Muko -Muko Bathin VII, dan kegiatan perkemahan di bumi perkemahan cadika Muara Bungo serta kegiatan lainnya,”ujar H. Sudirman.

Gubernur Jambi, selaku Kamabida mengatakan, semangat pramuka sebagai dasar membentuk pribadi generasi muda dalam menyonsong masa depan. Selain itu, anggota pramuka memiliki rasa nasionalisme yang kuat.

Menurut Fahrori, gerakan pramuka adalah rumah bersama, untuk mempersatukan sekat-sekat politik, golongan, kelompok dan kesukuan. Harapan besar bangsa ini salah satunya berada di pundak gerakan pramuka.

“Gerakan pramuka ini, bisa membentuk generasi yang tangguh, solid, dan megedepankan rasa kebersaan antar sesama. Lewat pramuka maka generasi muda bangsa menjadi generasi cerdas,” kata Fahrori.

Dikatakannya, atas nama Pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan selamat Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 yang diperingati setiap tahunnya,” ucap Fahrori.

“Tema itu sebagai penegasan, bahwa gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI,” kata Fahrori. (adv/jul)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT