Babinsa Syafrizal Koramil 416-07, Ajak Petani Berinovasi Ditengah Pandemi

Dibaca: 246 kali

SIDAKPODT.ID, TRBO – Babinsa Sertu Syafrizal Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, mengingatkan sekaligus mengajak kepada Kelompok Tani (Poktan) agar terus bisa berinovasi
ditengah pandemi Covid-19 yang hingga kini tak kunjung lenyap.

Pandemi yang berkepanjangan ini berdampak melemahnya perekonomian masyarakat, akibat disemua sektor bidang usaha semuanya mengalami kelesuan dan bahkan banyak bidang isaha yang sudah gulung tikar.

Kelompok Tani sebagai pelopor dan ujung tombak percontohan masyarakat dipedesaan, ditengah pandemi ini harus bisa berkreatif dan inovatif membuat terobosan usaha sambilan, deperti memanfaatkan lahan tidur, lahan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman produktif baik palawija, sayur mayur maupun tanaman jamu-jamuan tradisional.

Hal tersebut disampaikan oleh Sertu Safrizal pada saat menghadiri
pembentukan Struktural Kelempok Tani Guyub Rukun dihadiri Kades, Kadus dan Anggota Poktan. Bertempat di jalan
Marsawa Dusun Tegal Sari Desa Tirta Kencana, Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Babinsa Sertu Syafrizal juga berharap kepada Pengurus Poktan Guyub Rukun
Tirta Kencana, harus bisa mewujudkan ketahanan pangan ditengan masyarakat pada saat situasi gonjang-ganjing Virus Corona. Dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) tidak menghalangi dalam mengelola pertanian pangan dan lainnya.

Mari diolah lahan tidur atau lahan terlantar dengan menanami jagung, ubi. kedelai dan lainnya, untuk pekarangan rumah bisa ditanami sayuran seperti gambas kacang, bayam, kangkung, bayam dan lainnya.

“Selain pekarangan rumah bisa ditansmi sayuran, juga bisa ditanami tanaman jamu – jamuan tradisional, seperti jahe, kencur, temu lawak dan lainnya,”ujar Sertu Syafrizal, Rabu (21/07/2021).

Ketua terpilih Poktan Guyub Rukun Tirta Kencana Joko Sasongko mengucapkan terima kasih kepada Babinsa, yang sudah memberikan suport dan pembinaan kepada Kelompok Tani Guyub Rukun selama ini.

“Kita berharap kepada bapak Babinsa terus berkesinambungan ikut memberikan pembinaan kepada Poktan yang ada di Tirta Kencana, “ucap Ketua Poktan Joko Sasongko. (asa)

ADVERTISEMENT