Wabup Bungo Saksikan Gelar Adat 5 Rio di Tanah Sepenggal

Dibaca: 270 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Prosesi gelar adat para Rio yang dilantik beberapa di Kabupaten Bungo terus dilaksanakan. Seperti di Kecamatan Tanah Sepenggal lima Rio (kades) dilaksanakan prosesi gelar adat di halaman kantor Camat.

Pada acara itu, turut di saksikan oleh Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto, Sekda Bungo, Ketua GOW Bungo, Ketua Dharmawanita Bungo, Para Kepala OPD, Asisten, Kabag, Para Camat, Para Rio se-kecamatan tanah Sepenggal, Selasa (21/07).

Tokoh Masyarakat, Ketua LAM Bungo dan Kecamatan, unsur Forkompinda Bungo serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto menyampaikan ucapan selamat atas dikukuhkan dengan gelar adat lima Rio dalam kecamatan tanah sepenggal.

“Pada hari ini kita bersama-sama mengikuti proses pengukuhan gelar adat Rio dan pelantikan Ketua TP-PKK lima Dusun dalam Kecamatan Tanah Sepenggal,” ujar Wabup Apri.

Sebut Apri, dengan sudah dikukuhkan dan diberikan gelar adat kepada Datuk Rio, semoga dapat di patuhi dan di jalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

” Saya percaya bahwa Datuk Rio di samping kepala pemerintahan di Dusun, Datuk Rio juga selaku pemangku adat, untuk itu laksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Abdullah Sulaiman, Ketua LAM Kecamatan Tanah Sepenggal berharap kepada Datuk Rio yang baru dikukuhkan secara adat dapat
menjalankan amanah serta mematuhi adat yang bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah.

“Kepada seluruh datuk rio, mengayomi dan memahami sebagaimana yang dikukuhkan tadi, apa bila konsep itu di jalani dengan baik, maka mudah-mudahan menjadi anak negeri yang aman dan makmur,” katanya. (jul)

ADVERTISEMENT