Kesadaran Masyarakat Kurang, Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat

Dibaca: 148 kali
Tampak : Pemotor Nerobos Lampu Merah di Jalan Dahlia Pasar Bawah Muara Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kesadaran masyarakat berlalu lintas di wilayah hukum Polres Bungo masih kurang. Betapa tidak, masih terlihat warga yang kurang patuh terhadap rambu-rambu lalulintas terlebih di lampu merah.

Seperti yang terlihat di perempatan jalan dahlia, Kecamatan Pasar Muara Bungo, masih banyak warga yang mengendarai roda dua roda empat menerobos lampu merah.

“Kalau di sekitar sini hampir setiap hari, pemotor dan pengendara roda empat menerobos lampu merah. Tak heran bila sering terjadi kecelakaan pak. Karena kesadaran tertib berlalu lintas masih rendah,” kata Yusni, warga sekitar, saat dibincangi sidakpost.id, Minggu (21/07).

Hal senada juga dikatakan Andrianto salah satu warga bahwa di sekitar jalan Seroja Pasar Bawah Muara Bungo, juga sering terjadi kecelakaan saat malam hari. Hal itu, disebabkan pemotor kurang mematuhi aturan berlalulintas.

“Memang sering, di pertigaan jalan Seroja terjadi kecelakaan, kadang pemotor dengan pengendara roda empat, kadang pemotor sama pemotor adu kambing. Hal itu, disebabkan nekat menerobos jalan berlawanan arah sehingga tabrakan tidak bisa dihindari,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Bungo, AKBP Januario Jose Morais, S.IK dikonfirmasi mengatakan, memang keasadaran tertib berlalulin lintas masih kurang. Hal itu terlihat masih banyaknya pelanggaran pada saat Operasi Zebra.

Jumlah pelanggaran berlalu lintas di wilayah Bungo dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal tersebut, menunjukkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam ketertiban berlalu lintas.

“Kecelakaan lalu lintas, selalu diawali dengan pelanggaran lalu lintas. Untuk itu, kepada warga yang mengendarai roda empat, serta mengunakan sepeda motor taatilah rambu-rambu lalu lintas, agar tidak ingin terjadi kecelakaan,” kata Kapolres. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT