Kapolres Pimpin Rakor Pencegahan dan Penangulangan Covid-19 di Sarolangun

Dibaca: 35 kali

SAROLANGUN – Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiyono, S.IK., M.T.C.P., C.F.E. Pimpin Rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 diwilayah Kabupaten Sarolangun pada senin (21/6/21) pagi.

Kegiatan berlangsung dari Pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai bertempat di gedung aula Polres Sarolangun. Kegiatan bentuk sinergi antar lembaga TNI, Polri dan Pemerintah Daerah guna menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sarolangun.

Dalam rapat tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sarolangun, Dandim 0420 Sarko beserta jajaran, Wakil DPRD Sarolangun, PJU Polres Sarolangun, Kapolsek Jajaran Polres Sarolangun, Tim gugus Covid Sarolangun

Selain itu ada juga, dinas Kesehatan Sarolangun, Direktur RSUD Sarolangun, Kepala Puskesmas se-Kab.sarolangun, BPBD Sarolangun, Kadis PMD, Pol. PP Sarolangun, Dinas Perhubungan, Dinas Damkar Sarolangun, dan Camat Se-Kabupaten Sarolangun.

Kapolres Sarolangun menjelaskan bahwa dalam beberapa hari terakhir telah terjadinya peningkatan pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 terutama di klaster lapas sarolangun.

Jumlah pasien covid-19 yang tidak sesuai dengan tingkat kesembuhan yang mana seharusnya ada imbangan antara yang positif dengan pasien yang sembuh.

Ia menilai bahwa Perlu dilakukan pengawasan dan penerapan protokol yang ketat kepada kegiatan masyarakat, dengan dukungan dari segala Dinas Terkait baik Kepolisian, TNI maupun Dinas terkait. Beberapa hari terakhir, terjadi peningkatan kasus penyebaran covid-19 di kabupaten Sarolangun, dan adanya klaster baru di Lapas Sarolangun.

“Sehingga kita mengambil langkah cepat agar klaster ini tidak menyebar luas. Kita harus mengantisipasi timbulnya kalster klaster baru dengan melakukan pengawasan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat terhadap setiap kegiatan masyarakat, untuk itu perlunya dukungan dari segala Dinas Terkait baik Kepolisian, TNI maupun Dinas terkait”. tegas Kapolres.

Wakil Bupati Sarolangun, H. Hilalatil Badri menyampaikan kepada seluruh peserta rapat bahwa OPD harus sudah mempunyai gagasan masing-masing dalam pencegahan dan penanggulangan virus Covid-19.

Pemerintah sudah menganggarkan anggaran yang sangat tinggi dalam penanganan virus Covid-19, Hilal berharap setelah adanya Rapat ini harus adanya tindak lanjut dari penanganan Covid-19 yang di lakukan oleh para OPD kabupaten Sarolangun.

“Kepada para camat agar melakukan pengawasan yang ketat terkait protokol kesehatan terhadap kegiatan keramaian seperti pesta dan kegiatan masyarakat lainnya,”kata Wabup.

Ia juga mengajak semua pihak dapat saling bekerja sama untuk melakukan pengawasan dan perhatian khusus kepada pasien yang positif covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

“Anggaran sudah dikucurkan dalam penanganan Covid-19, kami mengajak seluruh pihak dapat bekerjasama untuk melakukan pengawasan, juga memperhatikan pasien yang melakukan isolasi mandiri,” tandasnya. (Rhd)

ADVERTISEMENT