Babinsa Serka Zarkisman, Pantau Pertumbuhan Padi Warga

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Koramil 416-03/Sungai Bengkal Serka Zarkisman bersama Poktan Payo Tulung melaksanakan kegiatan pemantauan dan pengecekan tanaman padi dari serangan hama wereng, dari hasil Pantauan saat ini belum menemukan tanda-tanya adanya serangan dari berbagai jenis hama.

kegiatan yang di laksanakan bersama-sama dengan Babinsa yang lainnya, mereka turun ke lokasi persawahan masyarakat, di seluruh tempat dalam wilayah mereka, diantaranya Dusun Kemantan Kelurahan Sungai Bengkal kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo, Sabtu (21/06/2019).

Dalam kesempatan ini Babinsa Koramil 416-03/Sungai Bengkal, Kodim Kodim 0416/Bungo Tebo Serka Zarkisman mengungkapkan, hama wereng merupakan hama potensial yang pada saat tertentu bisa menyerang tanaman padi masyarakat, dan merupakan salah satu hama padi yang harus ditangani dengan serius, karena bila tidak segera ditangani akan menimbulkan kerugian para petani, serta akan berdampak pada hasil panen dan dapat menurunkan hasil produksi gabah.

Tambah Sersan Sugi, cara Hama Wereng merusak bulir padi adalah dengan menghisap butiran gabah yang sudah mulai berisi. Biasanya hama wereng merusak tanaman padi ketika mencapai fase berbunga sampai matang susu.

“Sampai sekarang belum ada varietas padi yang tahan terhadap hama wereng, salah satu cara mengatasi hama wereng adalah dengan mengadakan penyemprotan dengan pestisida,” katanya.

Pengurus kelompok Tani Payo Tulung mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang selama ini sudah memberikan pendampingan kepada petani, “semoga dengan adanya kegiatan ini di harapkan agar hasil panen padi akan semakin meningkat dan kehidupan petani akan semakin sejahtera,” ungkapnya. (red)