Sambut Ramadhan, Warga Mandiri Agung Bersihkan Masjid dan Makam

Sambut bulan puasa warga Kelurahan Mandiri Agung, gotong royong bersihkan Masjid dan TPU. Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Tradisi yang terus mengakar kuat di masyarakat hingga kini terus dipertahankan dan dilestarikan oleh warga jelang masuknya bulan ramadhan.

Seperti dilakukan oleh warga Jalan RA Kartini RT 01/RW 01 Kelurahan Mandiri Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, gotong royong bersihkan Masjid Thorihul Hidayah dan tempat pemakaman Umum (TPU) Mandiri Agung.

Tampak elemen masyarakat diantaranya seperti Pengurus Masjid Thorihul Hidayah, Ketua RW, Ketua RT, Tokoh masyarakat, Pemuda dan warga daling guyub membaur membersihkan tempat ibadah maupun tempat pemakaman.

Pengurus Masjid Thorihul Hidayah, Imam Muhtar dikonfirmasi sudajpost.id mengatakan, bahwa gotong royong bersama masyarakat untuk membersihkan Masjid dan Tempat Pemakaman Umum jelang bulan ramadhan, sudah menjadi tradisi mayarakat di Kelurahan Mandiri Agung.

Membersihkan lingkungan Masjid
Thorihul Hidayah seperti membersihkan parit, mengumpulkan sampah maupun membersihkan rerumputan, membuat tempat parkir kendaraan roda dua maupun roda empat yang diperuntukan bagi warga yang melaksanakan Solat Tarawih di bulan ramadhan nanti.

“Membersihkan Tempat Pemakaman Umum dengan tujuan agar lokasinya tampak bersih, sehingga warga yang berziarah kubur di Pemakaman ini merasa nyaman dan aman,” kata Pengurus Masjid, Imam Muhtar, Selasa (21/03/2023).

Hal senada disampaikan oleh Tokoh masyarakat Mandiri Agung Agus Prayitno, tradisi guyub bergotong royong perlu terus dilestarikan untuk aset membangun desa atau kelurahan.

“Rasa syukur dan bergembira akan datangnya bulan puasa yakni dengan diimplementasikan oleh masyarakat membersihkan tempat fasilitas ibadah maupun fasilitas umum. Marhaban Ya Ramadhan,” ucap Agus. (asa)