Siti Romlah Ajak Warga, Manfaatkan Sampah Untuk Serba Guna

Dibaca: 230 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 diperingati dengan Upacara oleh sejumlah instansi pemerintah di daerah – daerah, seperti di Kabupaten Tebo Jajaran Polres Tebo menggelar Upacara Hari Peduli Sampah Nasional. Kamis (21/2/2019).

Mengambil momentum peringatan Hari peduli sampah nasional 2019, seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Brigpol Roy Situmorang Polsek Rimbo Bujang menelusuri pengrajin rumah tangga (hom industry) dari bahan baku sampah yang berserakan dan mudah didapatkan dilingkungan masyarakat.

Siti Romlah (63) warga RT 04 RW 11 Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Wirotho Agung Kecanatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, pengrajin dari bahan sampah dan kemudian dijadikan hasil kerajinan tangan dengan pernak – pernik yang indah dan bernilai seni tinggi.

Saat disambangi dirumahnya, Siti Romlah dengan ramah menceritakan dirinya terinspirasi dari sampah berserakan dan akhirnya mensortir sampah yang ada kemudian dijadikan untuk bahan baku membuat kerajinan tangan.

“Awalnya saya berpikir kalau sampah yang berserakn bisa dimanfaatkan, lingkungan akan bersih dan dapat menambah pendapatan ekonomi keluarga,” ungkap Siti Romlah, Kamis (21/2/2019).

Diterangkannya, hasil karyanya seperti Tikar terbuat dari bekas bungkus kopi sasetan dan Tempat buah, Tempat tisu, Tempat aqua, Pot bunga terbuat dari bekas teh gelas serta tempat piring terbuat dari Batang rumput pakis.

“Mengambil momentum Hari Peduli Sampah Nasional 2019 ini, jangan membuang sampah disembarang tempat. Mari kita sortir dan daur ulang sampah untuk manfaat serbaguna. “Kata Siti Romlah.

Bhabinkamtibmas Brigpol Roy Situmorang, dikonfirmasi mengatakan, membenarkan dalam momentum Hari Peduli Sampah Nasional 2019 menyambangi pengrajin dari bahan bekas sampah.

“Kepada ibu Romlah kita berikan apresiasi atas hasil karya seni kerajinan tangan dari bahan bekas sampah, sosok ibu Romlah bisa dijadikan inspiratif dalam kehidupan masyarakat yang peduli kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan sampah menjadi hasil karya seni dan bisa menambah pendapatan ekonomi keluarga, ” pungkas Brigpol Roy. (asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT