BPBD Tebo Cek Sungai Batanghari Debit Air Biasa, Warga Diminta tetap Waspada

Musim penghujan BPBD Tebo intens pantau Debit Air Sunga Batanghari. Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST,ID, TEBO – Januari 2023  sejumlah wilayah di Kabupaten Tebo masih kerap diguyur hujan, bahkan di Kecamatan Rimbo Ulu baru-baru ini sempat terjadi hujan angin merobohkan gardu trafo listrik dan pohon tumbang menimpa rumah warga hingga terjadi kerusakan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tebo dikonfirmasi sidajkpost.id melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Antoni Faksi menyebutkan, setiap saat maupun musim hujan pihaknya intens melakukan monitoring dan pengecekan Sungai Batanghari, dengan tujuan untuk mengetahui debit air terkini sungai.

“Kita intens mengecek kondisi Sungai Batanghari terlebih di musim hujan, hingga sampai saat ini debit air Sungai Batanghari masih biasa saja artinya tidak ada naik debit air, namun kita selalu mengingatkan kepada warga bahwa banjir bisa terjadi kapan saja,” kata Antoni, Sabtu (21/01).

BPBD bersama TNI – Polri dan pihak terkait, sebut Antoni Faksi, selalu bersinergi berkoordinasi terkait bencana banjir sewaktu-waktu bisa terjadi, intinya Tim gabungan BPBD selalu siap apabila sewaktu terjadi bencana alam seperti banjir dan lainnya.

“Biasanya apabila musim hujan dan intensitasnya tinggi maka debit air Sungai Batanghari mulai naik, untuk itu kepada semua warga yang tinggal di pinggir aliran Sungai harus lebih waspada akan datangnya bencana banjir, ” pungkasnya. (asa)