Keberadaan PT KIM di Bungo, Terus Memberikan Dampak Positif Memajukan Daerah

Dibaca: 263 kali
Inilah Salah Satu Peternakan Kambing Makwo Dusun Pulau Jelmu.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Keberadaan perusahaan PT. Kuansing Inti Makmur (KIM) yang bergerak di bidang batu bara, telah banyak memberi manfaat bagi masyarakat Bungo dan wilayah sekitar perusahaan.

Seperti hibah satu unit mobil pemadam kebakaran, khusus badar udara Muara Bungo, dengan nilai miliyaran rupiah, yang diberikan oleh PT, KIM beberapa tahun lalu sangat besar manfaatnya.

Peternakan Sapi Bantuan Dari PT.KIM.

Tentunya bukan itu saja hibah yang bersumber dari CSR PT KIM yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Bungo. Seperti infrastruktur di daerah lingkungan tambang yang saat ini manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat disana.

“Untuk tahun ini, program CSR perusahaan milik Sinar Mas Grup ini juga menyasar sejumlah bidang.Diantaranya bidang ekonomi melalui pengembangan peternakan dan pangan olahan,” ujar pihak Manajemen PT. KIM, Aning Panca Astutik.

Tak hanya itu, sebut Aning, pihakanya juga sudah bekerjasama denga Pemda Bungo, lewat dana CSR terus bergerak membangun wilayah Bungo. Seperti hal-nya budidaya Peternakan di tengah masyarakat, yakni budidaya ayam kampung.

“Budidaya ternak ini, merupakan bentuk perhatian dari manajemen PT KIM, untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian. Ini menjadi satu bagian dari sejumlah budidaya ternak yang dilakukan untuk masyarakat,” sebut Aning.

Peternakan Ayam Bintang Juara Dusu, Talang Silungko

Dikatakan Aning, peternakan ayam kampung, kelompok bintang juara di Dusun Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang. Meski peternakan ini mengeluarkan modal sendiri untuk pengadaan DOC. Namun manajemen KIM, tetap memberikan pendampingan berupa, kunjungan dari PPL dan bantuan vaksin.

“Sebagai peternak kini mereka mengembangkan usaha dengan bekerjasama dengan beberapa warga sekitarnya, dalam usaha penetasan telur dengan sitem bagi peranakan ayam,” tambahnya.

Untuk di Pulau Jelmu, kata Aning, peternakan kambing dikembangkan oleh Makwo, warga setempat yang mendapatkan kesempatan bekerjasama dengan PT KIM. Perkembangbiakan kambing. Karena di tempat ini juga terbilang cukup bagus untuk peternakan kambing.

“Terbukti, dari 7 ekor kambing bantuan PT KIM, kini sudah beranak beberapa ekor. Peternakan kambing juga berkembang di Tanjung Belit, Jujuhan. Yaitu keluarga Romi, awal 2018 lalu mendapatkan bantuan ternak kambing sejumlah 4 ekor dan kemudian 3 ekor. Saat ini jumlah ternak kambing itu berkembang menjadi lebih dari 10 ekor,” ujarnya.

Selain di Tebat, Tanjung Belit dan Pulau Jelemu, peternakan kambing juga dikembangkan di desa Talang Silungko. Kelompok Tani Bintang Juara juga mendapatkan bantuan indukan ternak kambing pada tahun 2017 lalu.

Dan saat ini mereka sedang melakukan perluasan kandang untuk menampung pertambahan populasi ternak yang sudah lebih dari 10 ekor.

“Pada akhir 2018 lalu juga ada dua warga Dusun Talang Silungko mendapatkan bantuan ternak kambing, masing-masing 2 ekor induk betina,” kata Aning.

Selain peternakan kambing, peternakan sapi juga menjadi fokus lainnya dari pengembangan peternakan oleh PT KIM. Di Dusun Tanjung Belit dengan kerjasama Perusahaan dan pemerintah Dusun dikembangkan peternakan sapi yang awalnya pada 2017 lalu hanya 15 ekor sapi, kini menjadi lebih dari 30 ekor.

“Besar harapan peternakan ini, bisa berkembang untuk dapat menjadi salah satu sumber usaha Bandan Usaha Milik Dusun (BUMDus) di Dusun Tanjung Belit. Ya pada intinya, manajemen akan terus berbuat yang terbaik untuk masyarakat sekitar,” pungkasnya. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT