Harga Duku Anjlok, Pemilik Kebun Duku Mengeluh

Dibaca: 1.006 kali
Salah satu warga Bungo Panen Buah Duku

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Harga buah duku di Kabupaten Bungo mulai anjlok. Harga yang sebelumnya mencapai Rp 11 ribu per kilo, saat ini hanya berkisar Rp 4 ribu rupiah per kilo.

Zainal, salah seorang pemilik kebun duku mengatakan, harga buah duku terus mengalami penurunan. Hal ini sangat dirasakan oleh pemilik kebun.

“Mereka yang manen sekitar dua bulan lalu harganya masih mencapai Rp.11.000/kg, tapi untuk sekarang sudah turun dratis kisaran Rp. 4000/kg ,” ujar Zainal, pemilik kebun duku di Dusun Mangun Jayo, Senin (21/1/2019).

Dikatakan Zainal, salah satu faktor anjloknya harga disebabkan panen buah duku yang serentak di beberapa daerah lain. Musim duku tahun ini, cukup merata di wilayah Bungo.

“Tahun sebelumnya di daerah lain seperti jujuhan, Pelepat masak dalam waktu yang berbeda. Tahun ini waktu panennya serentak, sehingga terjadi penumpukan ,” tutupnya.

Hal senada dikatakan, Ridwan, Ia juga sangat mengeluh karena harga terus turun. Kalau sudah seperti ini, tentu duku yang sudah dipanen terpsaksa jual murah.

“Harga duku sudah dipanen hanya Rp 4000/Kg. Ini disebabkan buah duku masak secara serentak jadi mau tak mau pasrah. Ya kalau tidak dijual duku itu akan membusuk jadi terpaksa jual murah,” keluhnya. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT