Ketua PMI Tebo Serahkan Sarana Air Bersih, Untuk Siaga Terjadi Bencana

Dibaca: 136 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dalam rangka
upaya kesiapsiagaan bencana di Desa Tambun Arang Kecamatan Muara Tabir Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tebo serah terimakan sarana dan prasara untuk air bersih, juga Ketua PMI bersama rombongan meninjau daerah aliran sungai (DAS) Batang Tabir, Minggu (20/12/2020).

Dalam acara serah terima sarana dan prasara untuk air bersih, tampak hadir dari Alumni PMR SMAN 14 Tebo, Perangkat Desa Tambun Arang dan beberapa Tokoh Masyarakat Setempat.

“Program ini merupakan tindak lanjut dalam pelayanan air bersih pasca banjir di Kecamatan Muara Tabir, pada khususnya di Desa Tambun Arang, “ungkap Ketua PMI Syamsu Rizal. SE, M.Si yang juga Waka DPRD Kabupaten Tebo.

Bahwa sarana dan prasarana air bersih ini, sebut Syamsu Rizal, dapat dimobilisasi untuk wilayah terdekat apabila mengalami krisis air bersih pasca bencana alam seperti banjir dan lainnya.

“Alat penampungan air bersih ini didesain untuk dapat dimobilisasi, dimana masing – masing tempat penampungan air ini dapat menampung 1200L air bersih,” tutup Ketua PMI Tebo.

Kepala Desa Tambun Arang Ali Wardana menyebutkan, dengan adanya sarana prasarana air bersih ini, diharapkan dapat mengatasi masalah krisis air bersih, apabila Pamsimas tidak dapat dioptimalkan ketika terjadi bencana.

” Pada kondisi bencana banjir kemarin kita sudah dibantu oleh PMI Tebo dalam pelayanan air bersih, juga kami dibantu tempat penampungannya. Kapasitas besar didesain untuk bisa dipindah tempatkan, banjir kemarin krisis air bersih 5 hari dan PMI support pelayanan air bersih secara berkala, “Kata Kades Ali Wardhana.

Dikatakannya, dengan adanya abrasi di tepian DAS Batang Tabir, tak kurang dari 30 Kepala Keluarga (KK), yang rawan terdampak abrasi.

“Di Dusun Teluk Kasai Manis ini ada 30 KK yang rawan terdampak langsung abrasi, apalagi dengan adanya pendangkalan sungai, “pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT