UKW ke XVII PWI Lampung di Gelar Hari Ini

Dibaca: 244 kali

SIDAKPOST.ID, LAMPUNG – Uji Kopentensi Wartawan (UKW) ke XVII, PWI Lampung 2017, dibuka Wakil Ketua Bid Daerah Atal S Depari. UKW diikuti 32 muda, dan 5 tingkat utama.

“Lampung luar biasa, paling aktif UKW. Ini sudah ke VXII, dan bukan mudah. Dibanding daerah lain. PWI Pusat Bangga dengan ini, ” kata Atal, didampingi, Ketua PWI Banten yang Sekjen SMSI Pusat, Ketua PWI Lampung, Sekjen PWI Lampung.

Menurut Atal, dirinya sebagai penasehat SMSI, juga melakukan pengawasan terhadap perkembangan online di Indonesia. “Prihatin jika mengaku wartawan tapi tak mampu menulis. Maka wartawan harus mampu menulis dengan bahasa jurnalistik,” katanya.

Sementara Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian, mengatakan UKW adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan profesional, kualitas kopentensi wartawan. penguji para ketua PWI, yaitu Ketua PWI Bali, PWI Banten, PWI Sumsel. “Meski tanpa dihadiri pejabat Pemrov, tapi ini adalah istinewa, karena para penguji para ketua PWI, ” kata Supriyadi.

Menurut Supriyadi, saat ini tercatat 600 wartawan di PWI Lampung yang sudah mengikuti UKW, sebagian mengikuti peningkatan UKW ini. “Jadi ada 583, dengan jumlah ada 48 orang utama, sekitar 459 muda, sisanya madya,” ujarnya lagi.

Kondisi saat ini, kata Supriyadi, berkembang pesat media online, dan masih banyak media yang belum berkualitas secara baik. “Banyak online yang belum berimbang, dan sembarangan menulis berita,” jelasnya.

Terkait tudingan Ketua PWI terlibat tim suskes adalah tidak benar, karena selama uni hanyalah menawarkan program, dan menjadi IO, bukan tim sukses atau relawan. “Karena hanya IO bukan Tim sukses, karena kalo menjadi Tim, atau betpartai politik, maka harus cuti, atau mundur, ” tukasnya. (red)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT