3 Tahun Bekerja di Malaysia, TKI Pulang Dalam Kondisi Buntung

Dibaca: 878 kali
Hamzani, TKI Yang Pulang Dalam Kondisi Buntung/Foto : sidakpost.id (ragil)

SIDAKPOST.ID, LOMBOK TIMUR – Kecelakaan menimpa seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lotim, Hamzani warga Lingkok Dudu Pancor Manis Desa Suryawangi Kecamatan Labuhan Haji saat bekerja di Malaysia.

Tangan dan kakinya putus setelah tersengat listrik saat bekerja di kebun sawit di wilayah Perak Rantau Panjang Kampung Sungai Kuning Malaysia.

Kondisi itu menyebabkan kedua tangan dan kakinya terpaksa harus diamputasi.

“Ketika itu saya sedang memotong kelapa sawit. Namun ketika pindah ke kelapa sawit lainnya, sabit yang ada pada ujung jala mengenai kabel listrik yang membentang di atas,”jelas Hamzani.

Ia dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Kulim Kedah dan menjalani perawatan selama sebulan setengah. Selesai menjalani perawatan, ia pulang kampung.” Namun pihak bandara tidak memperbolehkan masuk pesawat karena kondisi luka yang masih basah dan mengeluarkan bau busuk,” tuturnya.

Karena mengalami luka parah ia dirawat kembali di Rumah Sakit Johor. Pihak dokter menyatakan bahwa kedua tangan dan kakinya harus diamputasi.

”Mau tidak mau saya harus merelakan kedua kaki dan tangan saya, demi menyelamatkan nyawa saya,” ungkapnya.

Dikatakan, semua biaya perawatan dan pengobatan sepenuhnya ditanggung oleh majikannya. Begitu pun biaya ketika pulang juga semuanya ditanggung oleh majikan.

“Kecuali pesangon saya tidak diberikan. Di tengah kondisinya seperti itu, ia berharap ada perhatian pemerintah. Yang saya syukuri adalah masih bisa hidup sampai saat ini,”katanya. (gil)

ADVERTISEMENT