Langkah Mudah 3M Cegah Kerugian Akibat Covid-19

Dibaca: 164 kali
Caption fhoto : Tim Gugus Tuga Covid-19 saat konferensi pers terkait perkembangan covid-19 di Kabupaten Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kata-kata ini, sangat tepat agar masyarakat di masa pandemi covid-19 bisa lebih waspada. Semua itu, tidak perlu biaya mahal agar wabah virus corona hanya dengan 3 M, dan ikut mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin.

Hal yang sangat ditakutkan bila sudah divonis positif covid-19, tidak hanya bersampak kepada kesehatan dan psikologi bahkan bisa berdampak kepada ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Karena, dengan adanya dampak covid-19 tentu kegiatan ekonomi juga terganggu.

Caption Fhoto : Tim gugus tugas covid-19 operasi yustisi di kota Muara Bungo

“Jadi agar tidak terpapar covid-19, ikutilah cara yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Seperti 3 memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang yang baru datang dari luar kota. Selama pandemi covid-19 ini, gunakanlah keaungan sebaik mungkin, hindari pemborosan,” kata juru bicara gusus tugas Covid-19 Kabupaten Bungo, dr Safarudin Matondang.

Dikatakan Safarudin, meski perawatan covid-19 itu ditanggung negara, namun masyarakat harus sadar kalau biaya tersebut juga merupakan uang rakyat melalui APBN maupun APBD. Maka dari itu, langkah 3 M sangat tepat mencegah kerugian di masa seperti sekarang ini.

“Jadi sangat perlu kesadaran dari masyarakat itu sendiri agar tidak berdampak secara menyeluruh di tengah masyarakat. Cukup patuhi masyarakat patuhi prokes covid-19, secara tidak langsung itu bisa mencegah penularan corona khsusunya di Kabupaten Bungo,” pinta Safarudin yang juga Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo.

Kasat Satpol PP dan Damkar Bungo, H .Indones mengatakan, jika seseorang sudah dinyatakan positif covid-19, maka sudah bsrang pasti tidak bisa bekerja bahkan tidak bisa belajar bahkan tak bisa berbuat apa-apa. Hal itu, sangat berdampak terhadap ekonomi keluarga secara langsung. Tak itu saja, yang bersangkutan tidak bisa menerima upah dan kemungkinan kehilangan perkerjaan.

Pencegahan COVID-19 ditegaskannya sangatlah mudah dan murah. Masyarakat cukup melakukan disiplin protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“3M itu modalnya kan cuman masker, ganti-ganti masker berapa sih. Mencuci tangan hanya butuh 30 detik saja, itu cukup bunuh kuman. Berapa biayanya? Tidak banyak, sangat murah, mungkin satu hari tidak sampai 5 ribu. Dalam operasi yang sudah kita lakukan masyarakat 70 persen sudah mematuhi 3 M tersebut,” pungkasnya. (*)

Penulis : Zakaria

ADVERTISEMENT