Komunitas Seniman & Budayawan Tebo, Gali dan Lestarikan Peninggalan Sejarah

Dibaca: 512 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Komunitas Seniman dan Budayawan Kabupaten Tebo yang di Ketuai oleh Tanuji,S,Pd. Dengan berkiprah dan menjalankan karyanya sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi), yaitu menggali dan menelusuri peninggalan sejarah peradaban dan kebudayaan para leluhur masa silam yang ada di wilayah Kabupsten Tebo.

Penelusuran dan penggalian yang dilakukan oleh tim Komunitas Seniman dan Budayawan Tebo ini, terkait peninggalan sejarah maupun kebudayaan tentunya melalui sinergitas Lembaga Adat yang ada, maupun kerjasama melalui Pemangku Kepentingan serta Elemen masyarakat.

Ketua Komunitas Seniman dan Budayawan Kabupaten Tebo Tanuji, saat dibincangi sidakpost.id menyebutkan, bahwa Komunitas ini bertujuan untuk menggali peninggalan sejarah masa lalu di wilayah Kabupupaten Tebo, setelah petilasan di faktualisasi lanjut dilestarikan untuk aset di daerah diharapkan bisa menjadi distinasi wisata maupun cagar budaya nantinya.

“Sedangkan terkait kebudayaan atau kesenian tradisional nusantara kita ikut melestarikannya, dengan tujuan agar kesenian tradisional sabang sampai marauke yang ada di Kabupaten Tebo tidak punah ditelan zaman,”kata Tanuji, Rabu (20/10/2021).

Terkait peninggalan sejarah yang melegenda, sebut Tanuji, sudah kita telusuri dan faktualisasi oleh tim Seniman dan Budayawan melalui mediasi dan pengumpulan data atapun bukti petilasan yang ada.

Tim sudah menelusuri faktualisasi peninggalan sejarah seperti petilasan Tunggul Buto di Desa Giripurno Kecamatan Rimbo Ilir, petilasan Makam Panglimo Hitam di Dusun Sebrang Jambu dan petilasan Makam Tua Nenek Sungai Macang di DesaTeluk Kuali Kecamatan Tebo Ulu dan lainnya.

” Memang sejak pandemi Covid-19 aktivitas tim Komunitas Seniman dan Budayawan Tebo dibatasi, kami terus tetap menelusuri dan faktualisasi peninggalan sejarah di wilayah Tebo, dengan harapan mendapat dukungan dari Pemkab Tebo dan Stakeholder yang ada,” pungkas Tanuji. (asa)

ADVERTISEMENT