Serma.Suraji Koramil 416-07RB, Bantu Ibu PKK Membuat TOGA

Dibaca: 86 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serma Suraji Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, bersama Kepala Dusun membantu ibu ibu anggota PKK, untuk membuat tanaman obat keluarga (TOGA) Mahkota Dewa. Bertempat di jalan Amarta RT 02/05 Desa Purwo Harjo, Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Minggu (20/10/2019).

TOGA Mahkota Dewa yang di Ketuai oleh
Suryati saat ini sedang berpacu membuat dan menanam jenis tanaman Obat Obatan Keluarga, yang nantinya tanaman TOGA ini dapat menjadi contoh untuk memotivasi masyarakat menjadikan pekarangan rumah untuk tanamanTOGA maupun Sayur mayur.

Babinsa Serma Suraji mengatakan , tanaman obat obatan keluarga dengan koleksi jenis tanaman obat tradisional yang dapat dijadikan jamu untuk mengobati sejumlah penyakit.Selain TOGA bermanfaat untuk obat obatan, juga bisa menjadi nilai tambah ekonomi keluarga.

“Kepada masyarakat mari kita manfaatkan pekarangan rumah dengan menjadikan TOGA maupun Sayuran, juga diketahui obat obatan tradisional merupakan pengobaran alternstif yang tidak mengandung kimia,” kata Babinsa
Serma Suraji.

Ketua TOGA Mahkita Dewa Suryati menuturkan, bahwa tanaman TOGA ada dua bagian yaitu tanaman yang hanya dimanfaatkan daunnya saja seperti daun kelor, daun bidara, daun pegagan, daun dewa dan lainnya. Kedua tanaman yang bisa dimafaatkan buah dan akar batangnya, seperti delima, ceremai, cengkeh, jahe, kencur, jambu biji, temulawak dan asam jawa.

“Kebanyakan jenis tanaman TOGA sangat mudah dibudidayakan diantaranya seperti jahe, kencur, dan lainnya, sedangkan jenis sayuran yang mudah ditanam diantaranya bayam, kangkung, kacang panjang, gambas, pare dan lainnya,” pungkas Suryati. (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT