Memasuki Musim Pancaroba, Kadinkes Ingatkan Warga Jaga Pola Hidup Bersih

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dr Safarudin Matondang Saat Ditemui. Foto : sidakpost/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Memasuki musim pancaroba, kepala Dinas Kesehatan Bungo,
dr Safarudin Matondang, mengimbau agar masyarakat terus waspada dan menjaga lingkungan agar tetap sehat.

Pasalnya, menurut hasil pantauan banyak sekali masyarakat yang mengalami sakit demam tinggi. Oleh karena itu masyarakat diminta waspada dan menjaga pola hidup bersih di lingkungan sekitar.

Baca Juga :  Babinsa Wianto Goro Perbaiki Polongan, Hindari Banjir Air Parit Meluap

“Jadi kita harus menjalankan pola hidup bersih dan sehat, dengan mengupayakan membersihkan lingkungan sekita dan juga berolahraga teratur, istirahat yang cukup ini untuk mencegah terjadinya DBD,”ujarnya, Selasa (20/9/2022).

Dijelaskan, setiap ada perubahan musim banyak terjadi demam Berdarah karena bila perubahan musim terlebih musim buah ini juga bisa menyebabkan demam tinggi dan ini tidak bisa dianggap sepele.

Baca JugaAntisipasi Banjir Musim Hujan, Babinsa Teguh Patroli Bersama Kepala Dusun

“Banyak sekali kasus ISPA, Diare, DBD dan juga kasus kasus demam lainnya. Ini tentu harus menjadi perhatian serius bagi seluruh masyarakat. Mulai sekarang pola hidup bersih, lingkungan bersih Haris kita jaga dengan baik,”ujar Matondang.

Baca Juga :  Musim Pancaroba, Sertu Rex Harmodi Ajak Warga Bersihkan Lingkungan

Lebih jauh dijelaskan, bila ada masyarakat yang ada gejala demam maka segeralah untuk menghubungi faskes terdekat. Baik itu, puskesmas dan rumah sakit ataupun pelayanan faskes lainnya. Jangan hanya membeli obat di toko.

“Kami sudah memberi himbauan kepada seluruh Puskesmas memantau warga yang ada di tempat masing – masing. Bila harus perlu dirawat maka segera tindakan medis dilakukan. Karena kalau dibiarkan semua akan berakibat fatal bagi kesehatan,”ujar Matondang.