Sambut 1 Muharram, Warga Balai Rajo Gelar Pawai Obor

Dibaca: 144 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Menyambut tahun baru islam 1 Muharram, 1442 Hijriah. Masyarakat Desa Balai Rajo, Kecamatan VII Koto Ilir, menggelar pawai obor dari depan Masjid Islamic Center terus menggelilingi desa setempat pada Rabu (19/08) malam.

Kades Balai Rajo, Aflin mengatakan, menyambut 1 Muharram, 1442 H, warga menggelar pawai obor mengelilingi desa. Dalam kegiatan tersebut ada anak-anak dan orang dewas ikut serta dalam memeriahkan tahun baru islam tersebut.

“Masyarakat yang ikut pawai obor tersebut juga memakai masker. Dengan mengenakan baju koko dan membawa obor kaula muda semangat untuk berkeliling desa. Semua itu menandakan bentuk rasa syukur masuknya rahun baru 1442 Hijriah,” katanya.

Dikatakannya, menyambut tahun baru Hijriah juga diikuti oleh tradisi lama memasak bubur dan juga membaca doa dan surat yasin di Masjid.

Dengan tahun baru ini, semoga Desa Balai Rajo diberi keberkahan dalam segala hal, dan seluruh masyarakat tetap meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Tahun baru hijriah memiliki makna yang sangat berarti bagi umat muslim yakni, hijrahnya Nabi Muhammad, perjuangan Nabi dan para sahabat, dan intropeksi diri. Jadi banyak makna yang kita petik,” ungkapnya.

Sementara Budi kaula muda yang ikut pawai obor menyebutkan, kemeriahan tahun baru Hijriah tak lain bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena masih dipertemukan di tahun baru islam 1442 H.

“Banyak makna terkandung dalam tahun baru H, bukan sekedar keliling desa saja tapi, momentum tahun baru islam juga bentuk introfeksi diri kita masing-masing selama hidup,” cetusnya. (nwr)

ADVERTISEMENT