Jalan Kumpeh Rusak, Dewan Muaro Jambi Siap Berjuang

Indra Gunawan, Anggota DPRD Muaro Jambi dari F- PPP. Foto : sidakpost.id/Munawir. Biro Muaro Jambi

SIDAKPOST.ID, MUARO JAMBI – Kondisi infrastruktur jalan yang melintasi Kecamatan Kumpeh (dahulu Kumpeh Ilir) Kabupaten Muaro Jambi terdapat kerusakan di beberapa titik. Kerusakan tersebut cukup parah.

Ini jadi keluhan masyarakat dan kerap jadi topik pembicaraan.

“Tentu kita tahu tentang itu apalagi saya selaku putra Kumpeh sangat paham akan hal tersebut. Ini juga jadi perjuangan kami bersama-sama baik dewan Muarojambi hingga Provinsi,” kata Indra Gunawan, Anggota DPRD Muaro Jambi dari PPP, Senin (20/03/2023).

Legislator Partai PPP tersebut meminta warga untuk sedikit bersabar. Bukan tanpa alasan, jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Jambi tersebut sudah jadi perhatian sejak lama. Buktinya, jalan tersebut sudah dianggarkan untuk dilakukan perbaikan melalui dana APBD Provinsi Jambi.

“Kami minta warga Kumpeh sedikit bersabar karena jalan tersebut sudah dianggarkan dengan anggaran multiyears. Perbaikan atau peningkatan jalan tersebut dikerjakan selama 3 tahun berturut-turut dengan total anggaran senilai Rp380 milliar,” katanya.

Pria yang akrab disapa Datuk Paul tersebut menuturkan bahwa dianggarkannya pembangunan infrastruktur jalan Kumpeh tersebut tentu penuh perjuangan. Seakan kembali ke titik awal, beliau bercerita tentang kondisi jalan tersebut.

Menurut Indra, dengan kondisi cuaca yang ekstrim, dengan curah hujan dan mobilitas yang padat, maka terjadi kerusakan yang sangat parah di beberapa titik jalan tersebut.

Inilah yang menjadi keluhan dan beban moral bagi para anggota dewan selalu perwakilan masyarakat di sana. Apalagi dirinya yang merupakan putra asli Kumpeh.

“Dengan kebersamaan dewan kabupaten Muaro Jambi dan Provinsi sepakat untuk memperbaiki titik-titik terparah. Dengan dana pribadi untuk membeli material penimbunan jalan tersebut, dan dibantu tokoh masyarakat serta perusahaan. Ini kami lakukan dengan harapan bisa mengurangi keluhan masyarakat Kumpeh,” katanya.

Kini, dirinya bisa sedikit bernafas lega. Saat ini, kondisi jalan tersebut yang saban dilintasinya sudah dilakukan pembangunan di beberapa titik. Sudah beberapa persen bahkan sudah rampung dikerjakan.

“Tentunya saya Putra Kumpeh dan mewakili masyarakat Kumpeh mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang bersama-sama,” katanya.

Perjuangan itu dimulai dari titik dasar, mulai dari elemen masyarakat, tokoh masyarakat, forum BPD, forum Kades Kumpeh Ulu maupun Kumpeh.

Para legislator Dapil Kumpeh, mulai dari Elvin Jonedy (PKB), Amirudin (PAN), pak Junaidi dari Demokrat, pak Usman Halik, pak Budiman, dan saudari Erma Suryani serta mantan Bupati Muaro Jambi Masnah Busro.

Semua berjuang sesuai kapasitasnya masing-masing termasuk anggota DPRD Provinsi Jambi,Kamaludin Havis (PPP) dan juga pak Abun yani dari Gerindra.

“Terima kasih untuk Gubernur Jambi Al Haris. Dengan kerja sama yang baik, sekarang bukti nyata sudah terlihat, jalan kumpeh mulai sekian persen (sudah) mulai dikerjakan,” kata Indra Gunawan.

Politisi Muda PPP ini tak henti-hentinya meminta masyarakatnya di kecamatan Kumpeh untuk lebih bersabar.

“Untuk masyarakat khususnya Kumpeh Ilir kami minta lebih bersabar. Insya Allah akan bertahap kami lakukan kerja nyata kami. (wir)