Masjid Tertua Transmigrasi Bedul Deso , Masih Berdiri Kokoh di Tebo

Dibaca: 1.062 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Masjid Huswatul Hasannah yang terletak di Jalan Yogyakarta Desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, merupakan Masjid pertama dan tertua yang dibangun pada tahun 1978 dimasa Tranmigrasi Bedul Deso di Zaman Kabupaten Bungo Tebo.

Masjid Huswatul Hasannah di Desa Giriwinangun peninggalan sejarah Transmigrasi Bedul Deso tahun 1978, yang warganya berasal dari Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah

Masjid pertama dan tertua ini, dibuat dari bahan kayu berukuran 10 X 10 M dan dibangun di atas tanah Pemerintah Desa Giriwinangun, tampak bangunan Masjid masih berdiri kokoh dengan halaman yang luas dan dikelilingi oleh pohon sawit menjadikan suasana yang sejuk.

H.Suroto tokoh masyarakat Desa Giriwinangun mengatakan, membenarkan Masjid Huswatul Hasannah adalah Masjid yang pertama dibangun di Desa Giriwinangun dimasa Transmigrasi Bedul Deso tahun 1978 dan sampai sekarang ini masih berdiri kokoh.

“Masjid Huswatul Hasannah saat ini hanya untuk Sholat berjemaah lima waktu saja dan tidak untuk Sholat Jumat, soalnya didaerah ini sudah dibangun Masjid Jami’ Baitul Makmur untuk sepesial Sholat Jumat,” kata H.Suroto.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Aiptu Dadan Juanda dari Polsek Rimbo Ilir saat menyambangi Masjid tua Huswatul Hasannah, berpesan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan pinisepuh Desa Giriwinangun, peninggalan sejarah harus dijaga dan dilestarikan untuk kenangan dan study perbandingan anak cucu dimasa mendatang.

“Jangan pernah lupakan sejarah apa lagi ini tentang sejarah Masjid tertua, mari kita jaga kerukunan umat beragama dan ciptakan suasana yang kondusif,” tandas Aipda Dadan Juanda, Rabu (20/3/2019). (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT