Koramil 416-03/Sungai Bengkal, Bersama PPL dan Petani Panen Padi Perdana di Lahan Cetak Sawah

Dibaca: 240 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Swasembada beras terus digerakkan oleh Babinsa Koramil 416-03/Sungai Bengkal, karena bersama Kades dan perangkat Desa Tabun Arang, PPL bersama Petani, melaksanakan panen padi perdana, di lokasi cetak sawah, di Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Selasa (20/3/2018).

Cetak sawah dengan luas, 30 hektar kini sudah ditanami padi oleh petani setempat. Oleh sebab itu, Babinsa bersama petani saling membantu dalam panen perdana di Desa Tabun Arang.

“Benar hari ini, Babinsa kita panen perdana di lokasi cetak sawah di Desa Tabun Arang yang luas hamparannya mencapai 30 hentar. Dengan seperti ini, progaram swasembada pangan di Tebo bisa terealisasi dengan baik, ” kata Kapten Inf Sulasa Hadi.

Dikatakan Danramil, seluruh cetak sawah yang ada di wilayah binaan Koramil 416-03/Sungai Bengkal, akan diupayakan agar semua petani bisa memanfaatkan segala lahan yang sudah di buat. Dengan demikian upaya khusus TNI untuk mendampingi petani terus dilakukan.

“Ya semoga dengan kerja sama yang sudah kita lakukan ini, setidaknya bisa membantu beban para petani kita. Kami TNI, akan selalu bekerja dengan baik, agar suruh petani kita bisa lebih menghasilkan panen yang lebih banyak lagi, ” ujar Danramil Kapten Inf Sulasa Hadi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani, Permai Indah, Ilyas dan ketua Kelimpik Tani, Perahu Jaya, Jamuri, dikonfirmasi mengatakan, mereka masing-masing memiliki lahan seluas 15 hektar. Dengan dibukanya cetak sawah baru, warga memiliki lahan sawah yang luas untuk ditanami padi.

“Dengan adanya lahan cetak sawah baru, kami disini tidak lagi membeli beras, karena seluruh petani sudah memiliki lahan untum menanam padi. Dan kami juga sangat berterima kasih pada bapak Babinsa dan PPL yang telah sudi mendampingi para petani yang ada di Desa kami, ” kata Ilyas.

Sedangkan menurut, Jamuri kedepan seluruh warda dan petani yang ada di wilayahnya, ingin sekali memiliki saluran irigasi sehingga lebih maksimal untuk mengolah semua lahan cetak sawah.

“Ya kami berharap kepada bapak Babinsa dan Kades, agar kedepan seluruh lahan cetak sawah yang ada dibangun saluran irigasi dari Pemerintah Kabupaten Tebo. Kalau sudah ada saluran irigasi nanti, kami bisa menanam padi dua kali dalam sati tahun, ” harap Jamuri. (zek

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT