Latihan SAR Secara Resmi Dibuka, Ini Kata Bupati Bungo H Mashuri

Dibaca: 539 kali
Bupati Bungo Hamas Bersama Marsekal Pertama TNI, Fakturahman Indra Jaya.

SIDAKPOST. ID, BUNGO – Marsekal Pertama TNI, Fakturahman Indra Jaya, membuka secara resmi Pendidikan Dasar (Diksar) Bina Potensi Pertolongan dan Pencarian, dilaksanakan di Sangar Kegiatan Bersama (SKB), Kelurahan Manggis, Kecamatan Bathin III, Selasa (20/3/2018).

Marsekal Pertama TNI, Fakturahman Indra Jaya, hadir juga Bupati Bungo H Mashuri, Wakil Bupati Syafrudin Dwi Apriyanto, Sekda H Ridwan Is, Dandim 0416/Bute Letnan Kolonel inf Wahyu Hadi Soenaryo, Kaban BPBD dan Kesbangpol, Kasat Pol PP Tebo serta undangan lainnya.

Dalam arannya, Marsekal Pertama TNI, Fakturahman Indra Jaya menyampaikan latihan ini, betujuan agar semua anggota SAR memiliki keterampilan yang tangguh dalam menghadapi segala bentuk bencana.

“Semoga dengan latihan ini, semua SAR yang ada bisa bekerja sesuai standar yang ada. Maka penangan bencana bisa dikerjakan secara baik, ” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Bungo H Mashuri mengatakan, Basarnas adalah sebagai pilar penting mengahadapi segala bentuk hal atau bencana yang datang.

Salah satu contoh, adanya bencana banjir yang sangat diperlukan kesigapan dari Tim Sar yang ada di Kabupaten Bungo.

Oleh karena itu, lewat pendidikan dasar ini, kedepan bisa menjadi SAR yang lebih sigap dalam mengahadapi hal yang sangat membahayakan orang banyak.

“Tim SAR merupakan hal yang sangat tunggu daat datanganya bencana alam, baik itu banjir, tanah longsor, maupun bencana lainnya. Untuk itu, selama mengikuti latihan ini harus benar-benar didalami agar kedepan bisa bergerak lebih cepat dalam menghadapi bencana, ” kata Bupati Bungo Hamas.

Sebut H Mashuri, Kabupaten Bungo memiliki potensi musibah banjir, terlebih saat ini mulai memasuki cuaca ekstrim dengan rata-rata curah hujan yang cukup tinggi serta bencana alam tanah longsor.

“Latihan ini sangat baik, kerena selain untuk penguatan ketrampilan para petugas SAR, momen ini ini juga untuk menyamakan pola tindakan dan SOP pada saat pelaksanaan operasi SAR di lapangan,” imbuh Bupati Hamas. (rul)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT