Dilibas Dijebloskan Penjara Meracun Ikan, Babinsa Indra Ingatkan Warga

Dibaca: 181 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Para Babinsa maupun Bhabinkamtibmas tak bosan- bosanya mengingatkankan kepada warga diwilayah binaannya, agar tidak mencari atau menangkap ikan di Sungai maupun ditempat lainnya dengan cara menggunakan bahan-bahan berbahaya, seperti racun atau insektisida, tuba, potas maupun dengan menyetrum, pelakunya dapat disanksi tegas dilibas dijebloskan dalam penjara dan didenda sejumlah Uang.

Mencari atau menangkap ikan dengan cara menggunakan bahan terlarang di Sungai atau Danau dapat berakibat fatal, merusak habitat kehidupan benih ikan dan lainnya akan mati serta punah. Selain itu juga merusak eko system, maupun keseimbangan lingkungan yang ada.

Hal itu diungkapkankan oleh Babinsa Serma Indra Gunawan Koramil 416-07/ Rimbo Bujang Kodim 0416/Bungo Tebo, pada saat bersama Ketua RT
Suparman mengecek debit air dan kondisi Sungai, di perbatasan Jalan 23 dan jl 25 Desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

“Jangan buang sampah di Sungai karena dapat menimbulkan banjir dimusim hujan, jangan meracun dan menyetrum ikan dan pelakunya dapat dipenjara dan didenda sejumlah Uang,” tandas Babinsa Serma Indra Gunawan, Sabtu (19/02/2021).

Pelaku peracun dan penyetrum ikan di Sungai atau Danau dapat dipenjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp 1,2 Milyar, sesuai UU RI No 45 Tahun 2009 dan UU RI No 31 Tahun 2004. (asa)

ADVERTISEMENT