Lewat “Jumat Berkah” Kapolres Bungo Optimalkan Pencegahan Narkoba

Kapolres Bungo Pimpin Jumat Berkah yang dihadiri oleh BNK Bungo, Para Rio (kades) dan tokoh masyarakat kec. Bungo Dani. Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Program Jumat Curhat yang dilaksanakan oleh Kapolres Bungo, semakin memberi ruang diskusi yang sangat positif. Betapa tidak, seluruh pemangku kepentingan menyambut baik kegiatan tersebut.

Seperti kegiatan Jumat Curhat yang digelar di kantin Pak RT, Pal 2 Jalan Bangko Lama, kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo. Selain dihadiri oleh Kapolres turut hadir Kabag Ren, Kasat Narkoba,, para Rio, Lurah, BNK Bungo dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Rio Talang Pantai, M Anas menyampaikan, apresiasi sangat luar biasa kepada Kapolres Bungo dimana telah mengadakan kegiatan Jumat Curhat. Ini tentu bisa berdialog langsung terkait hal yang ada di wilayah dusun.

“Memang permasalahan narkoba sangat mengkhawatirkan para generasi penerus bangsa. Terutama anak-anak muda secara tak langsung sangat mudah terpengaruh oleh narkoba. Tentu ini, menjadi pekerjaan kita bersama agar upaya pencegahan lebih efektif,” ujar Anas, Jumat (20/1/2023).

Senada dikatakan Rio dusun Sungai Arang Saidina Umar juga mengatakan, peredaran narkoba di wilayahnya sangat luar biasa ini juga tidak bisa dibiarkan begitu saja. Tentu lewat Jumat Curhat bisa menyampaikan keluh kesah dari masyarakat.

“Kami pihak pemerintahan dusun sangat mendukung langkah bapak Kapolres, telah membuat program pencegahan peredaran narkoba. Selain masalah narkoba tindak pidana pencurian juga sangat marak terjadi dan itu semua bisa juga diakibatkan oleh pengaruh narkoba,” ujarnya.

Sementara Kapolres Bungo, AKBP Wahyu Bram menjelaskan, kegiatan Jumat Curhat tak lain untuk menerima semua keluhan dan masukan seluruh masyarakat terkait keamanan dan ketertiban masyarakat di tiap-tiap dusun di kabupaten Bungo.

“Kami terus bekerja maksimal supaya apa yang menjadi harapan kita semua terhadap kemajuan generasi bisa cemerlang. Untuk itu, kita perlu kolaborasi dalam segala sisi, karena setiap permasalahan pasti bisa kita selesaikan,” ucap AKBP Bram.

Kapolres juga mengakui program Jumat Curhat salah satu cara antisipasi dalam pencegahan terhadap tidak pidana. Selain itu juga, jalan paling jitu untuk mencegah perilaku tindak pidana adalah lapangan pekerjaan yang memadai, sehingga untuk perekonomian bisa berjalan dengan baik.

“Saya ingin semua berjalan normal untuk kepentingan bersama. Karena saya ingin seluruh stakeholder, memikirkan masa depan generasi kita. Terkait narkoba tidak ada tolerir, karena kita ingin permasalahan satu persatu bisa selesai,” tukasnya. (zek)