Munawar Sasar SAD Sebagai Lokus Program Bangga Kencana

Pembinaan keluarga KBKR terhadap suku anak dalam (SAD) atau lebih dikenal orang rimba di sanrolangun. Rabu (19/10). Foto : sidakpost.id/Ratna Sari. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI –  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi dalam proses percepatan penurunan stunting berbagai kegiatan dilakukan, kali ini BKKBN Jambi menggelar Penggerakan Layanan KB dan Kesehatan Reproduksi pada Suku Anak Dalam Jambi (GALAKSI), Rabu (19/10/2022).

Suku Anak Dalam (SAD), atau juga dikenal Orang Rimba adalah salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatera. Suku ini masih dikategorikan sebagai masyarakat terasing yang berdiam di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Mereka mayoritas hidup di Provinsi Jambi, dengan perkiraan jumlah populasi sekitar 200.000 orang.

Baca Juga :  Sekretaris BKKBN Jambi Pimpin TIm TPPS Monitoring Kinerja TPK di Bathin III Ulu

Secara garis besar, di Jambi Suku Anak Dalam hidup di tiga wilayah ekologis yang berbeda, yaitu Orang Kubu yang di utara Provinsi Jambi (sekitaran Taman Nasional Bukit 30), Taman Nasional Bukit 12, dan wilayah selatan Provinsi Jambi (sepanjang jalan lintas Sumatera).

BKKBN Jambi hadir di tengah mereka untuk memberikan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Mengingat masalah kependudukan baik dalam arti kuantitas dan kualitas maupun persebarannya merupakan tantangan yang berat bagi pembangunan bangsa Indonesia.

Baca JugaPercepatan Penurunan Stunting, BKKBN Jambi Lakukan Monev di Kelurahan Arab Melayu

Maka diperlukan dukungan, komitmen, kepedulian tinggi, partisipasi dan kerja sama dari pemangku kepentingan lintas sektor di seluruh tingkatan wilayah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana.