Hindari Rabies, Babinsa Ajak Warga Memvaksin Hewan Peliharaannya

Dibaca: 128 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan milik warga dan pemberian vaksin anti rabies pada hewan, bisa memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan yang terjangkit rabies.

Hal tersebut dikatakan oleh Babinsa Sertu Rex Harmodi Koramil 416-07/Rimbo Bujang, saat mendampingi Petugas Lapangan Peternakan Kabupaten Tebo melakukan penyuntikan vaksin anti rabies, kepada hewan peliharaan milik masyarakat. Bertempat di Desa Giripurno Kecamatan Rimbo Ilir.

Saat dikonfirmasi Babinsa Sertu Rex Harmodi mengatakan, membenarkan dirinya mendampingi Petugas Lapangan Pertenakan Kabupaten Tebo Sugiarto,S.Pt melakukan penyuntikan vaksin anti rabies terhadap hewan milik masyarakat di Giripurno.

“Kepada masyarakat Giripurno untuk menyuntikkan vaksin anti rabies hewan peliharaannya seperti Anjing dan Kucing, agar terhindar dari terjangkitnya rabies yang bisa menularkan kepada manusia melalui gigitan hewan tersebut,” ujar Babinsa Sertu Rex Harmodi, Rabu (19/08).

Diketahui, rabies merupakan penyakit berbahaya yang menyerang susunan saraf pusat dan manusia apabila terserang rabies kemungkinan besar meninggal dalam kurun waktu 4-6 hari atau yang paling singkat dalam waktu 24 jam.

Penyakit ini sebetulnya bisa dicegah dengan memberikan vaksin rabies pada anjing, kucing, atau monyet peliharaan. Vaksin merupakan cara yang paling efektif karena bisa memutus rantai penularan, baik pada sesama hewan maupun manusia. (asa)

ADVERTISEMENT