Babinsa Koramil 06/Muara Bungo Terus Himbau Warga Lewat Spanduk Cegah Karhutla

Dibaca: 134 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Himbauan Stop membakar hutan dan lahan (Karhutla) terus dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 416-06/Muara Bungo, Kodim 0416/Bute. Hal itu dilakukan, untuk mencegah terjadi tindak kesengajaan kebakaran hutan dan lahan.

Di sejumlah titik keramaian dan lahan dan kebun warga sengaja di pasangkan oleh petugas dari Koramil bersama warga Dusun Bangun Harjo, dan Kelurahan Candika, Kecamatan Rimbo Tengah.

“Sejumlah titik dianggap rawan Karhutka sengaja kita pasang spanduk himbauan agar tidak ada warga yang membakar hutan dan lahan baik itu, dengan sengaja maupun tidak sengaja,” ungkap Serda Yudi Arianto.

Selain itu, kata dia, warga juga diingatkan secara langsung bahwa hukuman bagi pelaku karhutla sangat jelas. Oleh karena itu, sejak awal semua masyarakat diberi pemahaman agar tidak terlibat dengan persoalan hukum.

“Bila terjadi karhutla, maka kesehatan masyarakat ternganggu. Yang lebih sedih lagi, bagi anak-anak sekolah, mulai TK/Paud hingga SD, menanggung akibat dari Karhutla,” katanya.

Hal senda juga dikarakan, Serka Mulyadi bahwa karhutla adalah tanggung jawab bersama. Karena itu, di musim kemarua ini, jangan ada lagi warga yang membakar lahan serta membakar sampah sembarangan.

“Itu semua untuk mencegah agar tidak terjadi karhutla. Kalau sudah kita peduli maka wilayah kita akan bebas dari bencana asap yang sangat membahayakan itu,” tukasnya. (zek

ADVERTISEMENT