Siswi SMKN 2 Tebo, Minta Petugas Damkar Lepaskan Cincin di Jari Manisnya

Petugas Damkar Rimbo Bujang, membantu melepaskan Cincin di jari manis Siswi SMKN 2 Tebo karena jarinya sudah bengkak. Foto : sidakpost.id/Amir Said

SIDAKPOST.ID, TEBO – Petugas Damkar Pos Damkar Rimbo Bujang, kabupaten Tebo kedatangan tamu dari Siswi SMKN 2 Tebo. Kedatangan siswi tersebut bukan melapor kejadian kebakaran. Tapi minta bantuan agar cincin di jari manisnya itu untuk dilepas.

Siswi dari SMKN 2 Tebo bernama Wirli Karisma warga jalan 17 Desa Rimbo Mulyo Kecamatan Rimbo Bujang, minta tolong kepada petugas damkar, karena cincin dipakai itu telah membuat jarinya membengkak dan susah dilepas, Selasa (19/7/2022).

Danpos Damkar dan penyelamatan  kecamatan Rimbo Bujang, Sumadi menjelaskan cincin dijari manis siswi SMKN 2 Tebo itu terlalu kecil, sehingga jari manisnya bengkak dan susah untuk dilepas. Karena itu, dia datang meminta tolong lepaskan maka segera dilepaskan.

“Cincin itu kalau tidak dilepas bisa jari manisnya bertambah bengkak dan bisa berakibat fatal terhadap kesehatan jari manisnya. Dalam waktu 30 menit maka cincin yang melekat di jari manis Wirli bisa kami lepas,”ungkap Sumadi.

Dijelaskan, tugas damkar bukan hanya memadamkan api saja, tapi ada tugas evakuasi dan penyelamatan masyarakat. Seperti evakuasi dalam peristiwa kebakaran dan evakuasi hewan ternak warga yang terjebak di suatu tempat.

Selain itu, mengevakuasi Tawon ganas dilingkungan rumah warga, evakuasi ular masuk rumah warga. Bahkan kerap dimintai bantuan oleh warga membuka cincin yang dipakai di jari manis susah di buka.

“Berkat keahlian dari Regu II Damkar Pos Rimbo Bujang maka cincin tersebut berhasil dilepaskan dengan alah khusus yang dimiliki petugas Damkar,”tutupnya.

Terkait hal itu, tokoh pemuda Rimbo Bujang, MA Oki sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh petugas damkar Pos Rimbo Bujang. Karena tidak hanya berjibaku memadamkan api tapi mereka juga memiliki keahlian lain.

“Memang melepas cincin di jari manis yang sudah bengkak itu terlihat mudah tapi, kalau tidak dilepas oleh orang yang berpengalaman maka bisa berakibat fatal dan sakit. Kami sangat bangga dari sisi kemanusiaan petugas damkar selalu membantu masyarakat,”tukasnya. (asa)