Tradisi Jelang Idul Adha Warga Bungo Memasak Lemang

Dibaca: 242 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Tradisi lama memasak lemang di dusun Sungai Arang, Kecamatan Bungo Dani, Bungo hingga sekarang masih terus dijaga. Pasalnya, jelang lebaran Idul Adha 1442 Hijriyah ibu rumah tangga semangat memasak lemang untuk lebaran besok.

Seorang IRT, Siti Aminah warga Nusa Indah menceritakan kalau tadisi dalam menyambut hari raya idul adha warga banyak yang memasak lemang. Karena tradisi ini merupakan tradisi dari nenek moyang terdahulu, jadi harus dijaga.

“Alhamdulillah, hari ini kami memasak lemang dalam rangka menyambut hari raya idul adha 1442 H. Untuk jenis yang dimasak hari ini, lemang tepung dengan lemang ketan, “tutur Siti.

Sebut Siti, proses memasaknya memang agak lama, dari pagi hingga sore hari. Semua itu dilakukan supaya lemang yang dimasak benar-benar bagus dan matang. Dengan demikian lemang tidak cepat basi kalau masaknya bagus.

“Sebenarnya bukan hanya lemang saja yang dimasak, namun jenis kue lain juga ada. Tradisi memasak lemang ini sangat melekat karena selain proses memasak memakan waktu dan memasaknya juga dengan cara tradisional,”katanya. (zek)

ADVERTISEMENT