Prajurit Korem 042/Gapu Gelar Apel Siaga Jelang Penetapan Hasil Pimilu

Dibaca: 108 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Prajurit Korem 042/Gapu apel siaga mengantisipasi perkembangan situasi (Bangsit) sebelum, selama & setelah penetapan hasil Pileg & Pilpres tahun 2019 oleh KPU pusat tanggal 22 Mei 2019, di Makorem 042/ Gapu Jl. Jenderal Urip Sumoharjo No.3, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi (18/5/2019)

Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy,M,Sc.S.S menyampaikan bahwa kegiatan apel siaga ini atas perintah dari Komando Atas sehingga perlu dilakukan pengecekan serta kesiapan personel, untuk mengantisipasi Bangsit jelang penetapan hasil penghitungan KPU Pusat 22 Mei 2019.

“Selaku prajurit kita wajib menunaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan kita siap mengantisipasi setiap perkembangan penetapan hasil penghitungan KPU Pusat,” jelas Danrem.

Siaga ini dilaksanakan oleh seluruh satuan jajaran Korem 042/Gapu untuk monitoring/memantau situasi di wilayah Propinsi Jambi khususnya rencana pengerahan/mobilisasi massa menuju ke ibukota daerah maupun ibukota negara dan apabila ada pergerakan massa.

“Tentunya selama pelaksanaan Siaga, TNI tetap menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan tahapan pemilu yang sedang berlangsung dengan memegang teguh Pancasila, Sapta Marga & Sumpah Prajurit,” ucap Danrem.

Danrem juga meminta kepada Prajurit Kowil untuk selalu melaksanakan Komsos melalui pendekatan kepada Toga, Tomas di wilayahnya untuk ikut berperan aktif menjaga keamanan & ketertiban di wilayahnya.

“Serta tidak terpengaruh/terprovokasi melakukan tindakan yang anarkis yang melanggar hukum & inskonstitusional dalam menyampaikan aspirasi/protes terhadap pelaksanaan tahapan pemilu,”pungkas Danrem.

Kasiops Korem 042/Gapu Letkol Inf Yudha Nugraha saat dikonfirmasi membenarkan bahwa jajaran Korem 042/Gapu mulai Jum’at tanggal 17 Mei 2019 melaksanakan Siaga dan pada waktu di luar jam dinas, Satpur/ Balakrem menyiapkan & mengorganisir personel S3B dengan rincian Makorem 2 (dua) SST, Makodim 1 (satu) SST, Yonif R 142/KJ 2 (dua) SSK dan jajaran Balakrem 2 (dua) SSR.

Khusus untuk Yonif R 142/KJ dalam waktu 1x 24 jam harus dapat kita gerakan dengan kekuatan 1 SSK, sedangkan untuk Mako dan Kompi tersebar 1 SST, untuk Makorem dengan kekuatan 2 SST, Makodim 1 SST serta Sat Balak dengan kekuatan 2 SSR, ujar Yudha.

“Mulai hari senin nanti tanggal 20 Mei 2019 kita juga akan melaksanakan patroli gabungan dengan Polri setempat dengan menggunakan kendaraan dinas baik dengan mobil maupun menggunakan motor, “pungkas Yudha.(penrem042gapu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT