Zakat Fitrah Ke Amil Terdekat, Takbiran dan Shalat Idul Fitri Utamakan di Masjid

Aktivitas kegiatan Ketua BAZNAS kabupaten Tebo, terkait penyerahan Zakat di Tebo. Foto : sidakpost id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Ketua BAZNAS Tebo terus mengimbau umat Islam agar tepat sasaran menyalurkan zakat fitrah. Bisa kepada pengurus Amil Zakat terdekat atau di masjid -masjid.

Hasil kesepakatan dan pengumuman bersama Pemda Tebo, Kemenag dan BAZNAS Tebo tentang besaran zakat fitrah tahun 2023. Tentu yang biasa dimakan itu lah yang di fitrah.

Untuk menunaikan zakat fitrah, dengan beras sebanyak 2,5 kg untuk satu jiwa menurut jenis beras yang biasa dimakan oleh wajib zakat.

Dinilai dengan uang sebagaimana harga pasaran beras sekarang :

a. Harga beras tertinggi Rp 45.000.-
b. Harga beras menengah Rp 38.000.-
c. Harga beras terendah Rp 33.000.-

Ketua BAZNAS yang juga Sekretaris MUI Tebo KH Amin Zubaedi mengatakan, wajib zakat fitrah dihimbau untuk menyalurkan zakat fitrahnya di Amil Masjid terdekat.

Selanjutnya petugas Amil menyalurkan zakat fitrah tersebut kepada yang berhak menerimanya sesuai Asnaf yang ada.

Terkait takbiran malam Idul Fitri 1444 Hijriah, sebaiknya utamakan bertakbir mengagungkan Asma Allah di Masjid-masjid, begitu juga untuk Sholat Idul Fitri juga diutamakan di Masjid yang ada.

“Kepada elemen masyarakat mari tetap menjaga kondusifitas kamtibnas jelang dan masuknya lebaran Idul Fitri,Selamat menunaikan Ibadah Puasa, ” pungkas KH Amin Zubaedi, Rabu (19/04/2023). (asa)