Dua Kandang Ayam Terbakar di Perintis Jaya, Kerugian Miliaran 

Petugas Damkar sedang medamkan kobaran api, serta mendinginkan puing-pung kandang ayam yang terbakar, di jalan 32 Perintis Jaya. Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kebakaran hebat meluluh lantakkan dan rata dengan tanah dua kandang ayam permanen lengkap yang berlokasi di jalan 32 RT 16 Dusun Mekar Jaya Desa Perintis Jaya Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Sabtu (18/03/2023) malam.

Dua kandang ayam masing-masing milik Karsidi dan Sutikno warga jalan 32 Dusun Mekar Jaya, dua kandang ayam ini termasuk kandang ayam permanen dan lengkap dengan peralatan untuk pemeliharaan ayam potong atau ayam pedaging.

Dua kandang ayam ini dilengkapi dengan tungku atau tempat bara api untuk menghangatkan ayam di kandang tersebut, baru saja kandang ini di masukkan anak ayam dan pakan ayam namun naas selang berapa waktu dua kandang ayam ini dilalap si jago merah.

Komandan Pos Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kecamatan Rimbo Bujang, Sumadi saat dikonfirmasi sidakpost.id membenarkan pihaknya menerima laporan dari warga, adanya terjadi kebakaran kandang ayam di jalan 32 Desa Perintis Jaya.

“Kita turunkan personel dan 2 unit armada Damkar dari Pos Rimbo Bujang dan dibantu 1 unit armada Damkar dari Pulau Temiang Tebo Ulu menuju TKP, untuk memadamkan kobaran api dan mendinginkan puing-puing kandang yang terbakar, dalam peristiwa ini tidak ada terjadi korban jiwa,” kata Sumadi.

Kepala Dusun (Kadus) Mekar Jaya, Sito mengatakan bahwa telah terjadi kebakaran dua kandang ayam hingga ludes hangus rata dengan tanah, dugaan sementara titik api berasal dari percikan bara api dalam tungku penghangat ayam.

Dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada korban jiwa manusia, untuk kerugian materil berkisar satu milyar lebih, akibat kebakaran ini arus listrik PLN padam di dua jalur atau dua RT Dusun Mekar Jaya.

“Kiranya pihak pemodal atau PT dapat meringankan beban pemilik kandang ayam akibat kebakaran, karena ini kan merupakan musibah yang tak terelakan,
” ujar Sito. (asa)