Produk Dalam Negeri Tumbuh, Usaha Mikro Kecil Tangguh

Dibaca: 254 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Gubernur Jambi, Al Haris bersama Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi, Menteri Perhubungan, Menteri ATR, Wakil Menteri Perdagangan, Wamen BUMN melakukan rapat koordinasi.

Rapat membahas tentang pemanfaatan produk dalam Negeri dalam rangka bangga buatan Indonesia pada Provinsi Jambi. Di auditorium Rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (19/01/2022).

“Dalam rapat membahas prihal masalah mobil dinas, minggu depan semua akan dituntaskan. Harus tegas dan dasarnya harus benar jangan pernah ragu-ragu itu kuncinya” ujar Menteri Luhut Binsar Panjaitan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang RI juga mengatakan, Mekaar merupakan salah satu badan usaha yang di bawah naungan pemerintah dan sudah lebih dari 12 juta nasabah yang kebanyakan dari ibu rumah tangga ikut bergabung.

“Mekaar memberikan keringanan dalam upaya pembuatan usaha dengan memberikan kredit sehingga mereka punya usaha-usaha sendiri,”kata Syofian Djalil.

Kepala LKKP Abdullah Azwar Anas juga menyampaikan bahwa Produk dalam negeri tumbuh, usaha mikro kecil tangguh, daerah sejahtera Indonesia maju.

“Sekarang orientasi pengadaan barang/ jasa pemerintah bisa melalui Catalogue meliputi Nasional /Lkpp, Sektoral : (k/l), Lokal (pemda). Dan Toko daring : salah satunya Belapegadaan untuk UMKM,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris menyampaikan usula untuk mendorong perekonomian masyarakat Jambi, perlu dilakukan Pelebaran jalan Lintas Sumatera karena sangat diperlukan.

Mengingat kondisi lebar jalan hanya 8 meter, sedangkan volume kendaraan yang melintasi jalan tersebut terus bertambah dan ukuran kendaraan yang relatif besar-besar dan menyebabkan timbulnya kemacetan.

“Ini tentu mempengaruhi aktivitas perekonomian masyarakat, karena pendistribusian komoditi bahan pangan dan komoditi lain menjadi terganggu,” ujar Al Haris

Dikatakannya, pelebaran jalan Lintas Sumatera ini, di samping pembangunan jalan tol Jambi – Rengat dan tol Jambi-Betung saat ini, sudah dalam proses pembangunan karena infrastruktur jalan ini sangat vital dalam upaya bersama meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

“Pemprov Jambi turut mendorong dan mendukung pembelian produk dalam negeri, salah satunya adalah pegawai lingkup Pemerintah Provinsi Jambi selalu menggunakan batik Jambi setiap hari Kamis sebagai pakaian kerja,”kata  Al Haris. (adv/rat)

ADVERTISEMENT