Danramil 09/Telanaipura, Ajak Warga Antisipasi Dampak Banjir

Dibaca: 232 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Diguyur hujan deras semalaman membuat dan durasi yang lama membuat sejumlah fasilitas umum terendam banjir. Mendapat kabar itu, Danramil 09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwako, bergerak langsung tinjau lokasi banjir melalui Babinsa, Rabu (19/1/2022).

Danramil Mayor Inf Widi Purwako saat dikonfirmasi mengatakan, intensitas hujan yang begitu tinggi tadi malam jadi banyak fasiltas umum terendam banjir. Seperti sekolah, permukiman dan tempat umum lainnya.

“Memang ada sekolah yang terendam air tapi tidak berlangsung lama karena air cepat surut. Seperti di SDN 98 di RT 09 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Kotabaru Jambi genangan hingga semata kaki orang dewasa, dan memaksa pihak sekolah untuk meliburkan siswa-siswinya,”ujar Mayor Widi.

Dikatakan, tidak bisa dipungkiri hujan dengan intensitas tinggi dan durasinya yang lama dapat menyebabkan pada meningkatnya volume air di daratan. Jika air tidak bisa diserap dengan sempurna oleh tanah atau dialirkan ke sungai, sudah pasti banjir akan terjadi.

“Kami tetap menghimbau agar seluruh warga yang terkena banjir untuk dapat men mengantisipasi dampak yang mungkin timbul, dengan menerapkan protap – protap upaya penyelamatan dan meminimalisir kerugian, serta dapat mengambil hikmah agar korban yang tergenang tidak terus berlarut dalam kesedihannya,”katanya.

Lebih jauh disampaikan, musibah atau kejadian yang terjadi setidaknya dapat meneguhkan persaudaraan, kepedulian sesama. Semua ada hikmahnya jadi tidak perlu diresahkan karena semua datang dari yang maha kuasa.

“Banyak cara yang bisa dilakukan dalam membantu saudara kita yang tertimpa musibah, mulai dari berdonasi, menjadi relawan sekaligus mendoakan,”pungkas Danramil. (**/rat)

ADVERTISEMENT